Big Decision : Behel

pengen cerita soal behel, karena dari pengalaman sendiri, nyari artikel dari pemakai behel langsung tanpa endorsement susah ditemuin.
gw akan cerita perjalanan gw pakai behel secara jujur dan lumayan informatif ya wkwkwk pokonya dr sudut pandang dan pendapat gw aja.
jadi memang gw belum pake behel sampe sekarang tanggal 10 Januari 2018 ini
tp segera.
mungkin besok.
setelah lamaaaa banget rencanain mau pake behel dari sekitar 2-3 tahun lalu akhirnya tahun ini terealisasi.

setelah mencari banyaknya klinik, akhirnya memilih satu.
jadi pernah berpikir untuk milih klinik OMDC yaitu Oktri Manessa Dental Clinic yang khas dengan warna ungu ke pink namanya apa ya lupak. OMDC cukup terjangkau dibandingkan klinik lain, tp jauh jaraknya.
akhirnya ketemu lebih murah lagi yaitu FDC yaitu Family Dental Cosmetic Clinic tapi jauh jauh juga.
kemudian ketemu lagi di Dental Universe Indonesia lebih deket dari sebelumnya, harga lumayan terjangkau. walaupun, pernah ragu karena ada review di google yg ga bagus tentang DUI. tp kenapa ya gw jadi memutuskan disini, apa gara2 foto hasil behelnya ga buruk2 amat di Instagram DUI atau testimoni dr pasien langsung tanpa disuruh DUI.

pada akhirnya dari sekian lama, jadi juga appointment pertama di tanggal 4 Januari 2018 kemaren.
untuk rencana pake behel ini pun, dapet approval dr ortu juga agak sulit, apalagi emak, karena dia khawatirnya dokternya ga bagus, sakit dll.
untuk sakit emang uda resiko deh, apalagi sariawan.
akhirnya gw niatin aja daripada ga jadi jadi.

oh ya FYI, kenapa gw pengen pake behel, karena gigi atas gw maju dan yg bawah ga rapi.
gigi gw pernah di tambal 1, karena bolong
pernah di scaling atau bersihin karang beberapa kali mungkin 2 sampe 3
.
di tgl 4 Januari, gw akhirnya ke DUI ternyata emang ga langsung pake behelnya wkwk ya dong.
pertemuan pertama, di cek giginya, rencanain pake behel jenis apa, cetak gigi, kemudian scaling karena uda sama paketnya.

awalnya rencana pake yg tipe ceramic, karena kepikirnya yg metal agak serem takut sensitif aja soal sariawan. takut bahannya kasar.
pas disana, dokternya bilang kalau ceramic gampang patah, dan kalau patah behelnya ganti 1 bayar brp duit gitu.
jadi takut nya sering patah, dan sempet diskusi dengan kakak secara cepat memutuskan untuk pakai behel sapphire.
itu sebenernya agak ragu sih. karena biayanya. kek ga expect bakal nambah atau pindah tipe wkwkwk.

jadi utk yg metal itu lagi promo 1.750jt kalau ga salah
yg ceramic ada 2 tipe, rencana pakai yg 5.3jt
sapphire ada 1 atau 2 tipe, jadi pakainya yg 7.5jt
yg damon itu 16-19 jt
pftttttt
haaaahhh

kata dokternya dr 4 tipe itu sbnrnya ga jauh beda cara pengerjaannya cuma beda di bahannya aja sih.
untuk kawatnya sndiri ternyata ada ukurannya dan tugasnya masing2, gani kawat bayar 50k per rahang
duit againnn

kenapa big decision untuk behel? karena behel kan makenya lama ya, kemudian biaya nya juga ga dikit. harus check up per bulan dan bayar check up itu 1 bulan sekali 450k untuk sapphire. gatau dokternya yg blg "untuk sapphire" mgkn kalau mau check up hrg nya tergantung case.
ya ini dia sampe skrg sih kek galau gt woeee 7 jt
itu berarti pengeluaran terbesar gw semasa hidup setelah beli hp xiaomi ini seharga 2jtan

oh ya yg ceramic 5.3 itu gw pilih karena udah termasuk cek, cetak, scaling, dan voucher 500k. yang sapphire juga.
kalau yg metal sama ceramic tipe lainnya gada promo sebanyak itu sih.
oh ya pas awal gw tau kan ada cashback 600k
eh pas kesana uda ga promo cashback lagii syeduuiiiii

tp seneng juga dokternya tetep tanyain soal cashback ke org yg berkepentingan itu, padahal dia uda tanya asisten / resepsionis hehe.
coba aja ada, kan lumayan

untuk scalingnya, entah emang lagi ga parah gw nya atau gmn tp dia scalingnya lumayan bentar dan ga terlalu menyeluruh sih. tp dokter nya ok sih karena dia blg "maaf ya agak ngilu ini"
oh ya btw dokternya cewe yg melayani gw.
kemudian cetak gigi, baru pertama kali sih, jd rasanya agak lucu karena penuh banget. pengerjaannya sih per rahang dan ga lama.
ada rasa mint tp ga manis kok jd seger2 aja. mungkin biar ga enek.
pas di cek giginya tuh bener di jelasin kek ini yg atas gigi gw maju nya uda lumayan sekitar 1cm biasa org bbrp mm doang, trs rapet2 jd kemungkinan di cabut.

cabut hrs kanan kiri, biar seimbang. cabut gigi pun bayar per giginya :((((((( kalau ga salah 450k juga. kata dokternya boleh cabut di klinik lain, cuma menurut gw ribet sih mau bolak balik bikin appointment baru trs cari2 lagi dgn harga terjangkau trs takut salah cabut. wkwkw kan dokter DUI yg uda cek gw dluan gt loh.

untuk gigi bawah ga rata jd kemungkinan bisa di potong giginya tp kalau msh ga bisa ya cabut.
untuk potong gatau bayar atau ga. mgkn bayar
emang ada 2 teknik sih potong atau cabut, dan itu ditentuin doker berdasarkan analisanya, analisa dari cetak gigi kita.
setelah itu di foto untuk profilnya
muka gw lagi senyum, biasa aja, depan, samping, kemudian gigi gw yg atas dan bawah.

disuruh ronsen gigi samping, sebelumnya gw ada ronsen gigi dr depan sih jd gw bawa tanpa di minta. jd gw gatau kalau kalian pasang behel bakal disuruh ga ronsen atau ronsen dengan posisi seperti apa
RONTGEN deh :(
ya ampun dah jam 2.25pm
setelah selesai bayar deh
kata dokternya bisa bayar lgsg lunas atau 2x
jd gw pilih 2x aja biar ga berasa jlep ilang.
tp kalau 2x berasa ngeluarin duit lagi -_-

setelah dr DUI lgsg ke bio medika utk ronsen, cepatttt sekali. harganya 215k
kayaknya wkt itu ronsen di daerah cideng lbh mahal 300k mgkn appointment selanjutnya itu bsk! jd kabar copotin gigi atau pasang behel dulu bsk deh.
agak takut sebenernya di cabut giginya
tp resiko dan ya harus diambil huehehe

oh ya soal voucher nya, bisa dipake setelah lunas.
ngomong2 temen kantor gw ada yg pake behel metal harganya 7 jt
lah gw 7 jt dah dpt sapphire mayan ya

sbrnnya bingung jg sih kenapa bsa murah dan mahal. jd ga yakin sama range harga behel sbnrnya. ya moga aja sih ga kenapa2 gw nya baik2 aja.
untuk pemasangan behel pun gw ga cerita kesiapa2 selain keluarga. karena ga pengen banyak org tau aja sih dan juga ada rasa pengen tes sapphire itu dipake ttp keliatan dgn cpt atau ga sama org. kek org lain cpt nyadar ga kalau gw pake behel gt. wkwkwk

hmm soal big decision behel ini akan gw lanjutkan jika memang sudah ada progressnya doakan yg terbaik semoga ga salah ambil keputusan.
ciao !

Comments

  1. Kak, gimana perkembangan nya? Memuaskan ga di dental universe? Aku niat mau pasang jg soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai maaf ya telat bales, kalau mau tau perkembangan detilnya tiap bulan aku post perkembangannya kok. Soal puas ga puas aku ga bisa bilang karena aku juga belom selesai pake behelnya. Sejauh ini bisa dibilang puas, tapi ada bumbu2 kekecewaan juga hehe. Kalau mau lebih cepet dibales, share atau tanya silakan melalui sosial media ya ! Terima kasih :)

      Delete
    2. kak ,, sekarang udh lepas behel belum ? trus gimana kak selama behel? cerita - cerita dong ,, hehe

      Delete
    3. Hai Ikha! sekarang belum lepas behel ya, untuk cerita selengkapnya aku ada post tiap kontrol behel per bulannya. Postnya ada di blog ini ya! Silakan diikuti perjalanan perbehelan ini :D Terima kasih sudah mampir !

      Delete
  2. Replies
    1. Hai maaf ya telat bales, setiap bulan aku akan kontrol gigi dan pasti akan post perkembangannya, jadi silakan cek ya! Terima kasih :)

      Delete
  3. Yang bikin mahal dan murah kayanya yg ngerjain deh. Biasanya kl spesialis ortho lebih mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Teru! ya menurut aku juga kalau memang spesialis ortho akan lebih mahal, apalagi kalau prakteknya di rumah sakit bukan klinik. Terima kasih ya sudah mampir :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

I think i have said this before?

Another Question