Big Decision : Kuliah 13

Balik lagi bahas soal kuliah di semester 4 karena di post sebelumnya lebih ke alasan kenapa gw pilih penjurusan advertising.

Jadi gw akan membahas apa aja yang gw pelajari, tugas apa dan lain lain di semester 4 ini.
Gak berasa udah setengah perjalanan ya kan.

Jadi kocaknya di semester ini adalah 3 mata kuliah (DKV3, Teknologi Produksi dan Tipografi 2) diajarin oleh dosen utama yang sama, yang gw pikir tidak akan ketemu lagi dan juga salah satu dosen lainnya yang gw pikir tidak akan ketemu lagi di mata kuliah Fotografi 2
Ya mungkin itu maunya gw aja sih untuk tidak ketemu, karena ngajarnya ga enak dan tidak jelas alias bikin naik pitam terus.

Di semester ini ada 7 mata kuliah dengan total SKS 20 nah seinget gw itu gw punya lebih tapi gw ga ambil karena kelasnya bentrok kalau ga salah.

Nah untuk teori cuma ada dua yaitu Metodologi Desain sama Teknologi Produksi, kocaknya Teknologi Produksi ga terlalu aktif di masa covid ini gtau kenapa, jadi salah satu kasusnya adalah kita harus survei ke percetakan, nah itu masanya awal covid beberapa temen gw udah survei, tapi ada juga yang belum dan minta keringanan. Jadi yang belum yauda kerjain tugas aja, yang udah survei yauda. Jadi agak clueless aja gitu penilaiannya gimana.
Kalau Metologi Desain itu lebih buat paper dan medianya (waktu itu gw buat infografis) untuk UAS, terus desain poster sambil bikin paper juga. Jadi kayak lebih mengenal cara berpikir desainer gitu deh. Oh ya dosennya juga pernah ngajar sebelumnya, entah sama dia gw ga ngerti kenapa kalau desain gw ga diterima dengan baik, alias nilainya dikit wkwkwk

Kadang juga di mata kuliah DKV dan Tipo agak membingungkan penilaiannya gimana karena kadang dosennya labil dan sepertinya kalau kasih brief lbh sering forward dari dosen sebelah dan mgkn ga dibaca dulu wk.

Di masa covid ini kita jadinya banyakan dirumah sejak Maret kalau ga salah, jadi dari UTS udah dirumah. Sulitnya saat kuliah online adalah berasa kuliahnya hampir 20 jam karena kita ngejer asistensi terus lewat WhatsApp. Belom lagi yang kadang dosen hari apa mata kuliahnya, kasih tugas bukan di jadwalnya.
Jadi merasa diburu-buruin.

Di semester ini juga lanjut belajar Komputer Grafis yang lebih belajarin Photoshop yang kebanyakan materinya adalah digital imaging dicampur dengan color correction, retouching dan kawannya. Tapi sempet aja gitu ada 1 materi nyangkut soal animasi, jadi bikin muka lu tuh jadi bentuk animasi.

Kalau ga salah pas awal juga belajar InDesign tapi basic aja.

Fotografi kali ini harusnya sering banget foto di studio tapi karena kondisinya kayak gini jadi sempetnya sekali doang pas foto model dengan gaya gothic. Selebihnya dirumah fotoin model dengan produk, trs light painting, sama food photography.

Di semester ini juga mulai nih ada mata kuliah Ilustrasi yang next semester ada kelanjutannya juga. Dosennya udah pernah ngajar di semester awal juga. Ilustrasi di semester ini lebih ke manual dan next katanya digital.
Pas ngerjain ilustrasi dari yang udah lama ga ngecat jadi ngecat lagi sampe kebiasa lagi.
Ilustrasi ini tugasnya ada gambar scene dari cerita yang udah disediain, terus ada gambar diri dengan visual imajinatif, ada juga gambar scene dengan objek campur super ga nyambung dengan teknik cross hatching, terakhir untuk UAS buat ilustrasi kombinasi dari 2 ilustrator gitu, yang ujung-ujungnya dibuat dengan fushion adat-seni-kultur Indonesia.

Ilustrasi itu agak melelahkan karena prosesnya sih, dari nyari, pilah, research, eksekusi, alternatif sketsa, warna, perbesar, gitu deh tapi untungnya dosennya baik dan jelas jadi enak aja ga kesulitan banget.
Dosennya juga apresiasi mahasiswanya yang bagus hasilnya, gw kecipratan dari asdosnya ehhehe senang. Butuh banget diapresiasi tuh kadang kalau udah prosesnya melelahkan kayak minum sprite pas lagi panas-panasnya.

Tipografi itu lebih bikin poster dengan gaya desainer tertentu, trs dengan aturan tertentu, mengenal kontras warna dan ukuran huruf gitu. Gw pernah buat yang kekinian banget ya yang kayak hypebeast gt, tapi dosen gw ga suka wwkkwkw dia sampe bilang norak tinggal copy paste kayak baru belajar ngedit dan kata yang tidak pantas tapi gw lupa wkwk, ya emang cara kerjanya copy paste pak, dan dia ga suka font dengan outline saja. Di akhir untuk UAS kita disuruh bereksperimen untuk membuat sebuah tulisan dari benda-benda, gw memilih untuk menjahit dikertas.

Kalau DKV kita belajar layout, elemen teks, bikin CV-portfolio, bikin event dan media desainnya.


Di semester ini banyak deh kayak pake foto diri untuk kepentingan tugas, terus jadi sadar ga ada stok foto wkwkwk, kemudian sadar aja gitu kalau jadi mahasiswa DKV tuh enaknya UAS/UTS bisa dicicil tapi ya berat, ya makanya dicicil ga sih.

Bersyukur juga lagi covid gini jadi tuh pengeluarannya ga terlalu banyak, kayak transport, makan, bikin tugas dll. Tapi juga ga ada pemasukan karena gw lagi ga kerja huhu. Sambil cari kerja ataupun internship setelah seusai UAS pun juga agak sulit.

Oh ya semenjak covid ini, pihak kampus kayak kasih biaya untuk internetan jadi 450k untuk 3 bulan. entah nextnya gimana, bahkan BEM kalau ga salah udah ngasih surat terbuka untuk minta keringanan biaya BPP semoga terpenuhi nantinya.

Memasuki semester 5 wah kesannya harus lebih giat dan serius lagi sih dan mulai teringat dengan poin yang harus dikumpulin dari berbagai kegiatan / seminar biar nanti pas skripsi ga kehalang. Sudah coba di submit tapi belum tervalidasi, semoga aja lancar.

Sepertinya itu saja yang dibahas, seneng juga dibahas satu-satu jadi kayak kilas balik aja udah belajar apa aja wkwkwk.

Terima kasih sudah membaca semoga berfaedah yak.

Comments

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question