Big Decision : Behel 31

Baru aja sampe rumah, langsung aja ketik di blog biar ga lupa apa aja bahasannya

Langsung saja!~


Jadi kondisi terakhir itu lg ada sariawan yang belum sembuh di bibir bawah kiri cukup besar, kemudian di pipi kiri kayak kebaret karena behel / kawatnya dan ada beberapa sariawan kecil di lidah. Sampe dokternya bilang kok gw tahan sariawannya gede gitu.

Untuk posisi gigi, sudah mulai rapat bagian atas dan masih ada gap sedikit banget di bagian kiri antara gigi seri dan taring. Bagian gigi kelinci atau gigi seri itu udah ga sejajar sama garis hidung, tp agak ke kiri. 

Tadi janjian jam 4, tapi gw udah sampe 3.35 seperti biasa di cek suhu dan 36 derajat, normal deh. Tapi berhubung sekarang udah masuk PSBB lagi, jadi mungkin ini alasan kenapa mereka sekarang udah mulai pake surat pernyataan mengenai 14 hari terakhir kalau ga ada kontak ke orang sakit atau sedang sakit atau riwayat pergi keluar negeri dan yang lainnya.

Setelah itu, lanjut tunggu di lantai 2, pas di lantai 1 tuh dokter dan rekannya kayak lagi brief gitu, pantes parkiran penuh mobil. Dokternya belum pakai APD apa baru dateng? hahaa. 

Aneh juga briefnya di bawah dan bukan ruangan khusus. 

Setelah tunggu hampir 20 menitan dari jam perjanjian, akhirnya dokter mulai masuk dan siap-siap. Tunggu lagi sekitar 10-15 menitan baru masuk.

Pas nunggu seperti biasa asisten dokternya nawarin pakai karet warna apa dan apakah ada yang copot atau ga. Jawabannya gada dan pakai warna champange. Nunggu pasti bosen apalagi TV isinya cuma info dari dental yang ngeloop.

Setelah akhirnya masuk, dokter lgsg tanya ada keluhan apa atau ga. Karena ga inget apa-apa jadi bilangnya gada tapi sempet bilang soal gigi seri gw agak ke kiri.

Setelah dokternya periksa, dijelasin kalau ternyata gigi taring gw tuh yang sebenernya ditarik ke arah gigi seri atau gigi kelinci itu. Loh, sepertinya wkt itu dijelasinnya ga gitu hmmmmm. Jadi bukan gigi seri yang ditarik ke arah gigi taring.

Kemudian kata dokternya, kalau emang mau di ratain biar tengah, itu paling bisa tapi ga banyak paling 1-2mm. Caranya nanti gw secara mandiri akan pakai karet elastis yang akan narik dari gigi atas ke gigi bawah, seperti yang gw sempet bicarain sebelumnya, yang nampaknya itu akan menjadi hal yang tidak menyenangkan huhu.

Kata dokternya tuh kalau ga salah, gigi gw yang atas beda 1 gigi sama yang bawah posisinya, makanya jadi ga tengah gitu.

Dokternya sampe make sure gw ngerti atau ga "eh kamu ngerti ga?" kwkwkw

Dokternya juga bilang kalau ini udah mau rapet, seperti yang gw bilang karena ada sedikit gap di sebelah kiri. Nah pertemuan ini cuma ganti kawat aja, seperti biasa dokternya kasih kayak surat keterangan untuk gw tanda tangan yang dia check sebelum melakukan perawatan.

Pas karetnya dilepasin beneran berasa tuh karetnya emang kenceng haha. Dokternya nanya kemaren gw pake karet warna apa, champange gw bilang tapi dokternya kali ini rekomendasiin gw pake karet bening karena katanya lebih kenceng, dan gw mengiyakan. 

Di scaling juga yang rasanya lebih intens daripada yang sebelumnya. Kumur-kumurnya juga dikasih obat minosep pas pertama, kemudian selanjutnya dipakaiin obat kayak betadine gitu.

Pas pemasangan karet, seperti biasa pake shotgun gitu, terus sempet jatoh kena badan gw dan mendarat dilantai karena asistennya ahaha, kemudian disuruh ganti sama dokter. Pas diganti kayaknya susah banget ga ngerti deh kenapa, pokoknya berulang kali dibagian bawah kiri, sampe dokternya suruh cek disebelah ada shotgun lain ga yang khusus shapire.

Setelah itu semua selesai, dokternya kasih cermin biar gw cek dan dia jelasin lagi soal gigi seri gw tuh. Katanya kalau udah rapet dan rapi udah bisa copot. Jadi gw juga harus rajin nanti pakai karet elastisnya itu wkwkw

Dokternya nanya gw pakai behel dr kapan, 2018 kemudian dia bilang "berarti kamu udah 2 tahun, nanti pakai retainer 4 tahun" Waw 4 tahun. Jadi katanya pemakaian retainer itu 2 x pemakaian behel biar ga geser-geser huhu cry 4 tahun :,D


Setelah semua selesai, dibuat jadwal selanjutnya dan ditanya lagi ada yang mau ditanyain atau ga, karena gw merasa semua jelas yaudah selesai deh. Cepet banget rasanya.

Pas bayar dijelasin juga kalau per tanggal 1 Oktober per dateng akan dikenain biaya admin 20.000 yah elah nambah aja lagi. Pas ditanya buat apa dibilangnya ya... buat administrasi hmmmmmm.

Semoga beneran cepet kelar deh ini, at least sampe tahun ini aja. Ga berasa banget udah September :,)

Tadi ga sempet nanya sih soal retainer lebih jauh, karena gw pikir masih belom ke tahap itu. Jadi ya sudah tunggu waktunya wkwkw.


Terima kasih sudah mau baca ya! Tentang per behelan pasti akan gw terus update. Semoga berguna! :D

Comments

  1. halo kak....kakak pasang dari january 2018 kan ya? Hampir 3th dong kak...lama yaaaa...aku baru pasang juga di omdc 3mg lalu, umurku 15th , katanya bs lebih cepat ya kak...semoga gak sampai dua tahun nih kak....😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! iya nih aku mulai pasang Januari 2018 dan iya hampir 3 tahun cukup lama, tapi ada juga yg bisa pakai sampe 5 tahun loh denger-denger, ya semua bergantung pada case masing-masing ya.
      Wah baru 3 minggu ya, semangat! semoga ga lama-lama ya pakai behelnya hehehe
      Terima kasih sudah mampir :D

      Delete
  2. Kak...mau nanya lupa, kalau kakak datang pas pandemi ini wajib rapid test gak? Trus ada tambahan biaya buat apd dokternya juga ya? Tks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, selama ini ga wajib rapid test, cuma pas dateng akan dicek suhunya, dan terakhir baru ada kayak surat pernyataan tentang apakah pasien pernah sakit/minum obat/bepergian/kontak langsung dll seperti yang aku jelasin di post ini ya. Untuk biaya tambahan ada pas awal psbb, kemudian gada pas new normal, trs masuk psbb ke dua per oktober akan kena biaya admin tambahan ya, aku sempet info juga di post ini.

      Terima kasih sudah mampir dan komentar :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question