Big Decision : Kuliah 14

Sungguh gak berasa udah 14 part gw membicarakan soal kuliah dan ga berasa juga kalau sekarang udah masuk semester 6 woooow cepet banget rasanya.

Jadi, gw cukup merasa pengen cepet kelar aja gitu kuliahnya, apalagi kalau ngeliat temen gw yang udah lulus karena gw telat kuliah setahun ahhaha. Gimana ya rasanya disidang? 

Pas semester 5 kemarin jadi mata kuliahnya itu ada 5. Jadi, karena kurikulum gw diganti dan membuat gw cuma kuliah 7 semester dari 8, akan ada penggabungan mata kuliah gitu supaya gw bisa belajar sekaligus, katanya gitu. Tapi yang gw rasakan sih sebenernya mungkin lebih ke pelajarin semua jurusan secara general and basic. Iya karena ini juga angkatan gw ga akan milih jurusan heuehueh. Nah, nama mata kuliahnya mungkin tidak akan begitu relevan sama apa yang akan dipelajari.

Desain Dalam Masyarakat - kayak latian buat tugas akhir (tugas akhir = skripsi) jadi kita kayak bikin mini TA gitu, cuma ga sekomplit TA. Walaupun gada peminatan di angkatan gw, tp pembuatan mini TA sih tetep disuruh peminatannya / fokusnya gitu. Gw pilih periklanan jadi bikin kampanye gitu deh. 1 tema untuk 1 kelompok.

Pas diskusi mau tema apa jadi kepilih deh tentang pendidikan seks untuk remaja. Pembuatannya rata-rata bareng dari awal sampai mau akhir di output media kampanye yang dibuatnya bisa beda-beda per orang. Kebanyakan kayaknya pada bikin Instagram sih, ya kalau diliat emang sekarang ramenya gitu ehhe. Kalau gw selain Instagram-Facebook ada juga webinar.

Identitas Merek - belajar branding (desain grafis)

Produksi Video - belajar storyboard, skrip, dan buat video (multimedia)

Ilustrasi Digital - bikin komik dari sketsa manual-digital, pewarnaan digital, kemudian dibikin animasi komik gitu, perkelompok 1 cerita (kita yang buat gitu jadi fusion antara cerita rakyat x scifi) tapi nanti per orang 3 halaman, 1 halaman sekitar 6 panel (multimedia)

Tata Letak dan Komposisi Desain Grafis  - belajar teori periklanan, jenisnya, terus bikin medianya, researc (periklanan) ini juga kelompok gitu selama satu semester dan masing-masing punya job desk gitu (Account Executive, Strategist Planner, Art Director, Copywriter) tapi pengerjaannya teteup aja bareng-bareng sih wkwk.

Itu 5 matkulnya, jadi gw rasa memang kayak disuruh cicipin gitu hehe. Selesai semester 5, ga nyangka nilainya diatas ekspetasi hahaha, syenang.

Kemudian, di semester 6 ini akhirnya gw magang atas suruhan kampus. Oh ya, pembahasan magang ini hanya applied to magang pas masa kuliah ya jadi cuma dilingkup dunia per-desain-an. Dulu kan gw magang juga pas SMK dan itu pariwisata jadi ga akan dibahas banget di sini, paling disinggung dikit.

Terakhir magang itu gw kan berakhir di bulan Desember 2020 dan gw juga udah memutuskan untuk pindah tempat nanti pas gw magang dari kampus. Jadi, supaya prosesnya ga lama gw sudah menargetkan kira-kira sebelum akhir tahun gw harus email lamaran atau seenggaknya cv-portofolio gw udah ready.

Sebelumnya kan gw magang beberapa kali dan itu atas kemauan sendiri supaya bisa belajar hal lain selain di kampus, biar ga nganggur-nganggur amat dan mendapatkan uang hahaha. Ya, soal uang sebenernya pas magang adalah hal yang tidak perlu dipikirkan banget. Kayaknya seharusnya magang emang ga dibayar.. gatau juga sih.

Nah, pas banget dari awal gw magang sampai sekarang soal biaya itu memang mengalami penurunan wkwk mungkin juga karena covid jadi kan perusahaan juga butuh memangkas biaya itu dan kalau magang kayaknya emang ga ngeliat history gaji lu. Pernah deh kayaknya sekali ditanyain, kalau ga salah.

Dari seluruh pengalaman magang sampe sebelum nginjek semester 6 ini gw lebih ke in-house designer gt jadi gw bekerja as designer untuk 1 brand tertentu. Nah, saat masuk semester 6 ini adalah gw untuk beranjak ke zona lain supaya bisa lebih belajar lagi tentunya. Jadi gw ga akan memilih ke in-house lagi walaupun agak tergoda untuk ke start up lagi. Pernah sih lamar ke beberapa start up gitu sebelum semester 6 tp gada balesan wkwk.

Kenapa akhirnya pilih agency dibandingkan in-house, karena sebelum-sebelumnya itu di in house lumayan monoton kerjaannya dan ketertarikan gw untuk megang berbagai case dari klien atau mencoba untuk ikutan/terjun ke proses pembuatan desain as several medium kayak video-foto dsb. Ketertarikan itu mungkin karena gw pernah ikut kakak gw kerja dan gw melihat dan merasakan proses itu gitu. Kemudian, mungkin juga karena gw sekarang kalau liat iklan itu jadi mikir itu gimana ya buatnya, prosesnya, wah keren idenya dsb.

Jadi, udah liat sesuatu dengan kacamata designer gitu dibanding rakyat biasa. Widih sok iye.

Akhirnya sudah memilah agency mana saja yang akan di apply dan tanpa ragu gw ngirim email di satu hari itu ada beberapa perusahaan, karena memang lg pada ga buka recruitment jadi tuh gw berpikir untuk blast  emailnya supaya ga lama prosesnya. Iya, gw tetep apply ke perusahaan yang ga buka, begitu jg dengan pas gw cari kerjaan. Hal itu ga nutup kemungkinan kalau ternyata dia "Eh, boljug nih nambah personil" kira-kira gitu.

Jyujur kaget, gw langsung dibales di hari yang sama dan juga langsung di ajakin interview di hari yang sama hehe. Katanya besok mereka udah libur akhir tahun jadi gw cukup hoki nih hehe.

Kemudian di tanggal 11 Januari gw udah mulai magang deh. Sesuai dengan keputusan kampus bahwa gw harus magang selama 103 hari kerja kalau ga salah jadi tuh kira-kira bisa 6 bulan :,) Padahal biasanya 3 bulan huahauaha

Ternyata pada saat magang pun nanti akan ada bimbingan dengan dosen gitu, mungkin untuk pembuatan laporan magang dan penilaiannya. Pas dulu SMK kayaknya ga dibimbing gitu, ga inget deh wwkwk.

Hampir selama sebulan ini, gw magang cukup senang sih karena bisa belajar hal baru, dikasih kesempatan untuk berkembang gitu, orangnya juga menyenangkan, kadang gw juga bisa burnout kehabisan ide dan lainnya. Walaupun gw masuk ke perusahaan yang fokusnya di brandingan, mungkin ga seluas apa yang gw inginkan, tapi berasa belajarnya di sini. Oh ya gw WFH.

Secara rinci, gw ga bisa ngomong kayaknya. Tapi gw jadi belajar lebih mengenai copy sih hehe dan masih megang Instagram tp untuk internal (perusahaan itu sendiri) sistemnya ngebank gt jadi ga keteteran rasanya walau demikian tetep ga boleh ngaret kerjanya haha dan beberapa kali juga gw yang buat kontennya dari 0.

Kalau sebelum-sebelumnya memang gw magang tuh sering banget atau bahkan utamanya buat konten di Instagram. Kecuali yang pertama gw disuruh buat brand identity, senang sih bisa megang case seserius itu.

Mungkin segini dulu ceritanya hahah. Entah nanti akan bahas soal permagangan ini di tengah semester 6 atau malah awal semester 7.

Yang jelas, di semester 7 akan ngerjain tugas akhir! Sudah kepikiran beberapa topik tapi belom digeledah banget gt casenya jadi takut menyesal di pertengahan ahhaha. Harus dipikirkan matang-matang.


Terima kasih sudah baca semoga berfaedah wkwk. 


Comments

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question