Big Decision : Perawatan Saluran Akar

Another big decision has made. Waktu kemaren itu gigi yg pernah ditambal udah dari lama banget ngilu. Posisinya ada di bagian bawah kanan. Dikirain mau tumbuh gigi geraham.

Terus pemeriksaan pertama tuh blm ada tindakan karena dari dokternya kudu ada pemeriksaan lanjutan dan dia ga bisa ambil tindakan karena hrs dokter yg spesialis. Sedangkan dia, gatau dokter gigi apa spesialis. Tapi sempet di rontgen dan diagnosisnya adalah tambalan yang udah lama jd ga sepenuhnya nutup, jd bakterinya masuk dan ngerinya kena saraf dan harus ada tindakan Perawatan Saluran Akar (PSA)

Karena jadwalnya ga ada di dental itu, akhirnya memutuskan untuk pindah dental dan tindakan awalnya tambal ulang, dengan diagnosis yang sama, cuma harus diperhatiin jg kalau masih ngilu berarti emang udah mencapai akar which emang harus PSA

Yauda bener aja kudu PSA, tp tindakannya sama dokter yang berbeda dengan dental yg sama pas tambal itu..

Jadi, PSA tuh ga yg bisa 1 kali selesai dan pengerjaannya dicari akarnya, dibersihin, dan diisi cairan pengganti itu. Nah, karena pengerjaannya dicicil jd akan ada tambal sementara gt. Pernah sekali tambalannya coak kayak lepas sebagian ahahha untungnya ga yg sampe lepas semua.

Penanganannya seminggu sekali, waktu itu kayaknya ada deh sampe 5 kali, lupa. Per penanganan itu bisa 400-600k tergantung kompleksitas per kunjungan kali ya. 

Tiap penanganan kira-kira sejem dan itu mayan bikin ngantuk dan pegel pasti itu rahang haha. Sakit ga? sakit ngilu pas treatment tertentu aja, biasanya pas dokternya nyari saluran akarnya, kayak pake alat khusus yang bentuknya kayak jarum gitu atau jarum plastik, dan itu ada yg kyk bikin ngilu biasa aja sampe AAKKK ngiluu! trs ada sempet beberapa kali di bius tp ga paham biusannya kayaknya ga disuntik gt.

So far ini emang treatment gigi yg paling menakutkan sih, cuma masih bisa dihadapi aja ga yg sampe nyerah. Ya big decision sih karena kan emang jdnya mematikan gigi ya yang emang udah rusak sih, trs kan kudu dibuat keputusan yg segera karena giginya ngilu banget. Dengan biaya biaya dan spent time yg kudu dikomit dari awal.


Tapi untungnya jg udah kelar dan gada masalah gigi yang muncul lagi jd harusnya emang udah aman giginya hehe. Gitu aja sih ceritanya, ga yg mendetail banget karena emang ga sebegitu keliatan apa yg dilakukan dokternya secara rinci gt. Semoga ga ada hal-hal rese lagi yg terjadi pada gigi ahhaha. Terima kasih sudah baca! 

Comments

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question