Cari Kerja di Dunia Travel

halooo!~
jadi kali ini gw mau cerita gimana gw cari kerjaan dan ya pake bahasa indo
yuk cus
oh ya gw ga bakal nyebut merk ya jd gw sebut clue nya aja, tkt terjadi hal yg tidak mengenakan
dan gw akan sertakan beberapa pertanyaan yg ditanyain selama interview dan tulis beberapa jawaban gw yang ga personal yakz


jadi gw akan lulus dr smk pariwisata jakpus tgl 10 mei 2017
nah gw juga uda beberapa kali kirim cv ke beberapa travel ya sekitar 9 yang cukup terkenal
dan hampir semua gw apply buat jd travel consultant ada beberapa juga yang ticketing

pertama kali itu pas di sekolah memang adain rekrut dari salah satu travel ternama yg headoffice nya ada di hayam wuruk.
nah hari itu juga semua murid pariwisata ataupun akuntansi bakal di tes IQ sama psikotes
banyak sih yang bilang males atau ga mau ikutan, tapi ujung2 nya pada ikutan

nah pas hari itu juga dibilang kalau hasil tes langsung diumumin lewat sms atau guru sore itu juga
kalau lolos bisa langsung ikut interview dan katanya sih mengutamakan sekolah gw drpd org2 yang uda kirim cv ke kantor hmm

setelah ditunggu sampe sore, ga ada kabar tuh akhirnya macam pasrah aja mungkin memang ga lolos.
tapi... hmm baca ampe abis ya post ini biar tau secara kronologis hahahaha

setelah beberapa hari gw di telp sama nomor yang gw ga kenal
awal2 nya gw ga angkat karena gw ga pegang hp, pas liat nomornya searching tp ga tau itu nomor siapa, malah nemu kalau nomornya itu penipuan dsb

terus ternyata di telpon lagi yey gw angkat akhirnya gw d ajak interview besoknya alias tanggal 24 April
ternyata dari travel yang headoffice nya di bungur hehe

besoknya interview, tempatnya kek bank gitu.
sebelumnya harus test lagi banyak macem
test IQ, psikotes, kepribadian, ketelitian, itung, pengetahuan ticketing, tentang kerjaan
dan itu berlangsung dr jam 9an-12an hmm cukup lama ya
oh ya pas itu cuma ber4 aja
1. gw
2. cewe yang lulus tahun lalu
3. cewe yang uda pernah kerja sebelumnya
4. cowo yang wallpaper hp nya bayi, mungkin anaknya. kalau ga salah sih pake cincin nikah
halah gw uda kek pengamat macam Sherlock *uek
gw ga ngomong sama siapa2 kecuali cewe yang uda pernah kerja sebelumnya.
ngomong basa basi

terus jam 1an gw di interview cuma sekitar 5-7 menit
dan gw orang ke-3
nah pas di interview ditanyain ini
1. tentang diri gw
2. daerah rumah
3. bisa abacus / galileo
4. kapan bisa kerja

apa lagi ya? lupa nih
intinya ditanya juga daerah rumah, trs nyebut cabang di salah satu mall samping TA
nah kepikirannya sih kalau diterima mungkin bakal di taro di sana
terus endingnya gw nanya kalau misalkan uda diterima langsung kerja atau ada training?
jawabannya, training di pusat 1 minggu, 5 hr di galileo, karena disana pake sistem galileo dan gw ga bisa, alias bisanya abacus kareena disekolah belajarnya abacus

buat yang ga tau apa itu abacus/galileo
itu adalah sistem reservasi tiket
intinya program komputer buat beli tiket pesawat~
tampilannya kek gini

Image result for sabre system
abacus (sabre)
cr. google/youtube


Image result for galileo system reservation
galileo
cr.google/youtube


nah setelah interview, katanya sih bakal hubungin kalau memang keterima, tapi sampe sekarang gada telepon / sms / email dr mereka

next
beberapa hari kemudian, dapet telp dr travel yang headoffice nya di tomang
tapi kali ini test nya di komplek sekitar headoffice
eh ternyata interviewnya di headoffice nya
kali ini masih b4
1.bapak
2.anak muda mungkin 20an cowo
3.ibu
4. gw
oh ya ini tanggal 2 mei 2017

nah abis test, kakak nya bilang kalau gw dan cowo yang muda itu untuk pergi ke headoffice buat di interview
malah hape gw low, malah juga tadinya sempet mikir buat pulang dulu atau naik grab lgsg, aku galau

namun terjadi percakapan ini
cowo muda : ke pusat naik apa
gw : naik grab kali ya
cowo muda : uda sama gw aja , sekalian
gw : hah beneran?
cowo muda : iya sama ini tujuannya
gw : serius nih tar repotin
cowo muda : ga kok

jadi nebeng deh kwkwkw
trs terjadi kekacauan karena di tengah jalan distopin ama polisi gara2 gw ga pake helm dan dia ga bawa SIM
terus akhirnya kakak cowo itu ditilang STNK nya,
maaf kak wkt itu ga bsa bantu apa2 :,,O

terus pas nyampe di pusat alias headoffice nya, agak terkejut karena besar tempatnya hahaha
mungkin seukuran ama puskesmas
terus tuker KTP ama kartu visitor
terus duduk terus bincang2
gw pikir yg lolos kita b2 aja soalnya yg disuruh kepusat kita doang
eh ternyata 2 orang lainnya nyusul. okesip

terus akhirnya kakak cowo itu di panggil buat interview terus akhirnya ibu itu terus akhir nya gw
malah mungkin gw bsa aja yg terakhir, tp berhubung bapak itu menghilang jd gw di duluanin

pas interview ditanya apa ya lupa cuy
seinget gw sih
1. daerah rumah
2. sumarecon bekasi / serpong *lupa* jauh ga dr rumah
3. travel consultant ga bsa di apply karena butuh pengalaman 2 tahun, sedangkan gw fresh graduate
4. ditawarin jd ticketing / document
5. daerah rumah deketnya kemana?
6. deket ga ke headoffice / komplek deket headoffice?
dah ingetnya itu aja

jadi tuh keknya gw mau ditempatin di sumarecon bekasi alias SMS atau serpong itu gw lupa deh tapi keknya SMS soalnya dia nyebut hahaha
gw sih uda negatif thinking ga bisa, karena jauh super, jd gw blg gw mesti tny ortu dan ya! ga boleh.

terus dibilangnya bakal di hubungin dalam 2 minggu ini
tapi ternyata sore itu juga di smsin buat interview selanjutnya besok. okesip topmarkotop

besoknya tgl 3 mei 2017
ke headofficenya, pas mau duduk buat nunggu, eh rame, jd ke toilet dulu
terus dapet telp disuruh naik ke lt.3

jengjeng
lt.3 nunggu bentar disuruh masuk, jd gw liat tuh kondisi orang2 back office
wuh sibuk
terus akhirnya masuk ke ruangan ada 2 orang cewek
gatau posisi mereka jadi apa
terus ditanya ini
1. wah masih kecil ya? umur berapa? 18
2. kamu uda mau kerja? ga mau belajar? boleh kerja ama ortu? triple yes
3. ortu kerja apa
4. tinggal di daerah mana
5. kalau kamu kerja  disini jadi operation mau? kerjanya sih masukin data2 tamu, butuh ketelitian, karena datanya mau dipake buat issued ticket/ booking hotel, visa dll.  yes!
6. kalo disini resikonya lembur, ga nanggung2, weekend juga bsa masuk. tapi sih kalau high season aja
7. kamu diskusi aja dulu ama ortu kamu
8. bisa bahasa jepang? belajar atau dari sekolah? 22 nya!


disini lebih ramah banget orang nya dibandingkan yang sudah sudah ahhaha
terus gw lupa buat tanya kalau gw kerja bakal ditempatin dimana, sampe sekarang gw blm tau

terus pulang, gw nunggu grab, eh di panggil lagi ama orang yg interview gw kemaren
dia nanya gini
1. tadi uda dijelasin ya kalau kerja di posisi apa dan tanggung jawabnya apa
2. soal jam kerja lembur bisa?
karena gw ok2 aja tapi mau tanya ortu dulu jd gw minta izin bwt nanya dl ke ortu
3. bisa telp ortunya sekarang aja ga?
4. oh ya uda nanti dihubungin aja ya lagi. kalau ok kita next ngomongin salary

abis itu pulang
besoknya ditelp buat nanya kabar soal di izinin ga ama ortu soal lembur, tp gw blg blm dpt jawbaan
akhirnya gw tny lagi ortu trs gw sms pihak travel kalau uda ok dan bersedia di interview
trs dia bales kira2 gini: baik , nanti akan di info segera
ga lama kemudian di sms kalau di invite buat interview, cuma hari senen which is hari itu gw gladi di sekolah
gw uda kirim sms ke mereka buat reschedule, tp blm ada balesan ampe sekarang
hmmmmmmmm

next nya gw dapet telp dr travel yg headofficenya di hayam wuruk itu, yang rekrutmen di sekolah. ya! ternyata baru di umumin hahaha padalah gw uda move on tuh ahahha
tapi akhirnya setelah diskusi ama emak dan kakak gw akhrinya memutuskan untuk dateng ke interview nya alias hari ini tanggal 5 mei 2017

jadi awalnya gw minta buat konfirmasi sebelum jam 3 pas kemaren di telp, pas gw telp balik susah aja buat nyampe ke org yg dimaksud
sempet putus 2x
terus kek dioper2 , ada yg jutek, ada yg ketawa2
jd buat nambah bad impression haha
karena pas gw mau magang, apply disana orang nya juga jutek
haha ok mungkin kebetulan lagi jutek2nya

terus interview hari ini pertanyaannya ini
1. 5 tahun kedepan mw jadi apa?
uda bisa bawa tour kemana mana

2. kalau kerjaan numpuk gimana handle nya?
kerjain prioritas dan abisin satu satu baru ke yang lain

3. lebih suka back office atau front office?
22nya suka, tapi keknya lebih ke backoffice *tapi apply travel consultant yg jelas2 front office bego deh hgahahah

4. oh back office yang kerjaannya apa?
hmm document atau operation

5.operation itu ngapain? *gue lupa ini ditanyain ga
masukin data tamu gitu buat visa/tiket/ hotel *thanks to travel sebelah yang nawarin dan jelasin kerjaan operation ahahahah!

5. deskripsiin diri dalam 3 kata!
jujur, sederhana, hmmmmmmm semangat *padahal semangatnya pas itu aja hahahaha

6. bisa stress karena apa?
hmm apa ya hmmmmmmm kalau lagi serius diganggu *bego deh, itu mah kalau pertanyaannya: gampang kesel gara2 apa ahahah! gara2 kelamaan mikir jadi jawab itu


apa lagi ya
btw gw disini bareng2 ama temen skolah, sekitar 9 orang mungkin
nah dan anehnya pas interview itu sekaligus 3 orang ahahha
gw sama 2 temen yang dulu nya deket, tp sekarang ga gitu, karena konflik spele nan bego
gw bukannya mau sombong atau gimana tapi ngeliat dan denger mereka menjawab pertanyaan kek ga serius atau ga niat buat kerja jadi greget sendiri

1. kamu tertarik sama bahasa kenapa?
karena bahasa itu lucu aja gitu *oke mungkin ini personal opinion dia

2. kalau ada tamu bawel gimana?
hmm gimana ya hahah hmmm karena memang peraturan ya uda

3. kalau dimarahin atasan gimana?
hah? dimarahin atasan? hhaa hmmm ya uda peraturannya sih

ya itu yang gw inget, paling critical deh selama gw denger jawaban mereka

oh ya pas di travel ini, bisa dibilang paling ribet karena paling banyak dokumen2 yang harus dibawa gitu deh pas interview hahaha

dan orangnya bilang gini "gajinya berapa? diatas umr yaitu diatas 3,3"
btw di travel ini kalau nanti keterima di training selama 1 bulan dan kontrak 1 tahun.


next
kmrn gw tanya tmn gw yg uda kerja di salah satu online/web travel
yang cukup terkenal yang dominan biru macam twitter
dan cukup menggiurkan sekali ya
katanya gini
1. gaji 3jt
2. transport 360k
3. training 2 minggu
4. dpt bfast dan lunch
5. weekend 700k non high season
6. weekend 1.1jt high season
7. uang lembur perjam

hueheheheh
tp karena gw belom tau 3 travel yg gw uda interview-in itu salarynya gimana jd ya gw blm bsa bandingin gmn2
dan ini kan gw denger nya dari tmn bkn pihak online travel si biru itu

dan atas dorongan 2 temen gw yg kerja disana dan keluarga hahahah akhrinya kirim cv deh
sekalian nyoba2 dan bandingin dan nunggu kabar yg laen
hueheheh

apa gw mau coba kirim cv ke online travel lain ya
kepikiran bwt apply ke yg terkenal akan basecampnya
hahahaa
tp gatau blm cek ada atau ga

ok gada yg cocok bwt gw hahah uda cek baru saja

hmm apalagi ya ceritanya

ya intinya sih blm dpt kepastian yg pasti
travel yg headoffice nya tomang : gw lagi nunggu reschedule interview lanjutan
travel yg headoffice nya bungur : blm ada kabar lagi bwt interview lanjutan
travel yg headoffice nya hayam wuruk : blm ada kabar bwt interview lanjutan

travel2 lain blm ksh info bwt interview dan test ahhaa
tp gw sangat tertarik dengan  online travel si biru itu


mungkin segitu aja dulu, kalau gw ada niat dan cerita lagi sure will be post here ho ho ho

ciao! makasih uda mau baca, sorry kalau ada yg nyelekit huehueheuh




Comments

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question