Big Decision : Behel 02

Ok jadiiiii, kmrn itu jd ke dokter gigi dan ternyata ga dicabut dulu giginyaaaa, lgsg d pakein behel.
Hmmm prosesnya bentar ya cuma 1 jam-an
Pas prosesnya pun gw ga terlalu ngerti bagaimana krn ga bisa liat, tp pas di mau akhir dikasih cermin gt.
Jadi kronologinya, dateng - nunggu - dipanggil, kemudian dokter bilang kalau ini ga dicabut dulu, lgsg pake behel, tp kemungkinan ya bakal cabut 4 atas bawah kiri kanan. Mantap sudah. Yang uda pasti sih katanya yg atas, seperti di pertemuan pertama, dokternya bilang yg atas itu penuh jd harus dicabut.
Kemudian lgsg duduk dan tiduran di bangku prakteknya. Lupa lupa inget urutannya apa. Tp ada yg kek ditiup-tiup, kemudian semacam dihalusin tengah2 giginya, mgkn buat naro biji behelnya. Kemudian dikasih semacam lem mungkin.
Gw kan ga bsa liat prosesnya gitu, gada cermin, gada kamera, nah jd liatnya melalui mata dokter dan kacamatanya wkakwkwk.
Pas mau dipasang biji behelnya,gw kira dipasang tipe metal, gw ga berani nanya sih soalnya gw dipakein semacam karet / silicon di sekitaran mulut gw takut lepas. Apalagi pas awal dokternya ga konfirmasi ulang, tp ternyata bener kok sapphire.
Oh ya, wkt pertemuan pertama asistennya kan cowo, skrg cewe. entah kenapa yg asisten kali ini agak lebih kasar dan cuek. kek ga bilang maaf kalau mau tarik mulut gw, pas sedot air liur diteken ga liat baik2 padahal pas awal2 gw bilang sariawan gw nambah.
Pas ditempelin biji behelnya beberapa, kemudian dokter dan asistennya kek memancarkan sinar biru gt bentuk alatnya kek solder, nah ini asistennya nih alatnya nempel ke mulut gw, walaupun gw pake silicon / karet di mulut, kadang tuh terasa panas dan perih, sekitar 2x kejadian kek gini, sampe gw ngomong "aa!" tp dia ga nyadar sih. Padahal dokternya aja ga nempelin alatnya.
pengerjaan tempelin gigi dan semacem laser ini beberapa kali sih tp ga satu2 gitu.
Oh ya pas dipasang biji behelnya, dokternya 2x terbalik dongggg dan itu juga yang tegur asistennya. wuuuuut saat itu gw cuma bisa berharap gw ada ditangan dokter yg ga salah, seketika keinget review di google. pfttt
Dokternya juga sempet kek ngomong "eh bener ga sih? ahaha grogi gw"
Maka, dokternya sempet copotin lagi biji behelnya pake semacam tang, tp tidak sakit kok.
Dokternya juga sempet 2 kali jatohin biji behelnya ke dalem mulut gw wheheheh. untungnya ga ketelen dan ga diambil pake tangan langsung, tp pake pinset, ya iyalah ya wklwkkw kalau ampe terjadi gw akan kagetzzzzzz
Terus dipasangin kawatnya, agak tipis kek kawat tembaga mungkin, eheh agak sotoy. Dokter ukur panjang kawatnya sesuai dengan cetakan gigi gw. Setelah dipasang ke biji behelnya, sepertinya dikunci gitu deh pake biji behelnya, ga gitu ngerti sih tp rasanya si dokter kek menekan biji behelnya. Kuat rasanya.
Abis itu, asistennya ngasih daftar dan contoh karet behelnya, gw pikir kalau sapphire ga pake karet hehehe gara2 liat contoh foto di internet bening semua kecuali kawatnya.
Bingung pilih warna apa, trs pilih salah satu yg agak bening, dokternya bilang kalau itu bisa berubah warna gara2 makanan yg dimakan. Dia saranin warna yang namanya Champange, atas dasar gw pengennya yg ga keliatan, lalu ku ikuti saja ehhehe, katanya bisa coba dulu nanti diliat, kalau ga suka ya ganti. Iya gw jadi berani ngomong, pdhl masih pakai karet itu, terus sempet tuh kek hampir lepas rasanya.
Pas pemasangan karetnya, dikasih cermin, ditanya suka dengan warna nya atau ga, gw blg iya soalnya ga keliatan sama sekali. Trs untuk pertama kali dipakein gw agak kaget karena pas dipasang itu jd kenceng bgt sampe gw membelakak matanya wkwkw. Trs kalau susah dipasangnya, si asisten bakal teken karetnya pake alat trs dokter tarik gitu, itu pas diteken ada beberapa sakit loh, asistennya ga kira2 nekennya hmmm :(
Jadi tuh karetnya kecil banget, dan itu bakal nyangkut di biji behelnya, jd menutup kawatnya, tp ga ada beberapa yg ga ampe masuk gt loh karetnya, jd kek masih kehalang sama kawatnya. Pas di rumah coba untuk betulin karetnya trnyata karetnya kek udh keras nempel gitu.
Nah, skrg gw lupa itu sebenernya dilaser pas udah dipasang karet atau pas dipasang biji doang ya? tp kayaknya sih pas dipasang biji behelnya aja deh.
Setelah itu, sepertinya sudah selesai.
Gw mencoba untuk menutup mulut, rasanya geli lucu gitu. Dan pada saat itu juga, gw ga merasa sakit dan ga kenceng, biasa aja tp ya kek ada sesuatu di dalem mulut.
Gw sempet coba makan Auntie Anne's ya pertama kali susah sih makannya tp sesuai dengan saran kakak gw, gw mencoba untuk makan seperti biasanya, tp dalam ukuran yg agak kecil.
Kemudian minum pake sedotan masih ok.
Pas perjalanan pulang minum air tebu, pikir gw ya ampun manis2 wkwkw.
Eh tapi setelah beberapa jam, mulai kerasa kencengnya, trs sakit, tp ga banget sih. Padahal sebelumnya masih biasa aja, ngomong juga, makan juga ga sakit tp ya susah, kek nyangkut atau ga kegigit.
Trs tadi pagi mandi jam 7 masa kek menggigil gitu.
Dikantor ga bisa makan banyak. Oh ya, org pertama (A) yg nyadar ampe ngomong "cie pake behel" itu jarak duduknya mungkin 1m, pdhl ada org lagi (B) yg bener2 disamping gw, entah dia ga nyadar atau ga mau ngomong.

Karena pas A ngomong soal behel gw, si B kek "ooh aja"
Maksud gw disini bukan berarti gw pengen diomongin ya, seperti di post sebelumnya, gw cm pgn tau ni sapphire bsa ketauan cepet ga.
Pas makan, ketauan pake behel lagi, gara2 keliatan banget gw susah makannya, ketauan sama org yg ternyata dia dulu pake behel juga, kemudian dia bilang kalau udah copot behel, hrs pake retainer kalau ga kayak gigi dia sekarang alias renggang..
Jadi yg gw tau total orang kantor yang dah tau gw pake behel 6 org hehehe
ga penting ya heheh yauda.
Hari ini juga gw ga berani makan sereal, takut nyangkut di gigi.
Oh ya kayaknya penting kalau pergi2 bawa interdental
Abis gw makan siang pun gw kumur pake air keran karena ada yg nyangkut. Nasi sih yg paling sering, karena susah kegigit juga. Sampe nasinya gendut, dan seringnya itu nyangkut di belakang, krn kan gw juga kunyah di belakang.
Gigi gw sakit nya tuh kayak apa ya kek ketarik dan ngilu sih, gw aja kalau gigi atas ketemu gigi bawah sakit, gw jilatin gigi dari dalem agak sakit, gw gigit makanan dari depan sakit ga kuat banget, gigit sedotan ga bisa, kena getok sendok pelan atau gigi lainnya sakit, gw jepit jari gw di gigi depan gigi gw sakit.
Ya uda resiko, diterima aja deh.
Makannya harus lembut, ga bisa keras. Kemaren malem makan daging kecil juga uda ga bsa ke kunyah, jd makan yg lembut dh kek labu. Tadi nyoba makan sayurpun ga kekunyahhh, agak sering ga kekunyah gt lama banget, jd gw kek pasrah telen, gw jd agak takut sama pencernaan dh.
Padahal ya, kmrn pas makan Auntie Anne's pake gigi depan dulu buat patahin dan ga sakit. Gw kan emang lagi pake gigi kiri, karena semua sariawan gw di kanan, trs semenjak gigi gw sakit gara2 behel, gigi yg ditambal kan di kanan juga, jd sakittt ga bisa gigit wkwkwkw
Pas tadi ngopi juga sempet coba pake sedotan Aqua gelas gitu, lah nahan sedotannya pake gigi aja sakit, biasa kalau ga pake behel ampe gw gigit. kwkwkw
Td baru makan malem, selesai itu gw kumur lagi pake air keran, dan bersihin nasi nyangkut pake interdental, lah biji behel gw 1 ga nempel lagi ke gigi, tp msh nyangkut ke kawat syedihhhh, pdhl bersihinnya pelan banget, pelan aja sakit gimana kenceng.
Trs gw keknya pengen biarin aja nyangkut, semoga ga ilang atau ketelen deh tar bayar mahal. MUNGKIN SAAT SEPERTI INI SAYA MEMBUTUHKAN WAX ORTHO !
Pake capslock segala nih, jd baru liat di YouTube cara pake wax dental terus kek oooh gitu yah ! ternyata bisa buat dipake di biji behel juga, dikirain cuma buat nutupin kawat nongol aja.
Jadi kemaren pun rencananya mau beli ortho kit tp gada dimana2, di klinik sendiri pun habis, kalau beli satuan mahal, jd setelah nyari2 ujung2nya beli sikat gigi khusus dan interdental aja deh di apotek roxy, beli 2 itu dah habis 120an
tapi ga ada wax nya :(
Berarti skrg butuh wax nya sih buat nutupin, apa beli online ya? takut ga terpecaya.
Jadi kalau biji behel hilang ganti 600.000/biji
Kalau copot dibawa pas check up, kalau copotnya lebih dr 3 bayar buat pasangnya 50.000/biji
Kesel juga nih, sebenernya salah dimana, dokter? lem? gw?
Jadi yg ga nempel itu di gigi bawah depan, yg bener2 dempet, jd pun biji behelnya ditempel ga gitu rapi, ya mungkin gara2 gigi gw sih.
Oh ya gw sempet itung biji behelnya ada 10 untuk masing2 rahang. Gigi paling belakang dikosongin, gigi 2 paling belakang jadi tempat pengunciannya gt, warnanya perak kayak bahan metal gt warnanya. Di kiri bawah, gw cek ternyata kawatnya lebih dikit gt, gw jd takut kena pipi dalem.
Hari ini juga, di mulut gw uda mulai ada luka-luka gitu, entah gara2 terlalu banyak ngomong, atau emang uda rasanya kenceng atau gimana. Pas nutup mulut jg jadi agak ribet rasanya dibandingin kemaren, mgkn ya gara2 rasa sakit itu, jd kek hati2 pas mau nutup mulut biar biji behelnya ga gores.

Setelah gw liat juga, gusi gw mulai merah gitu dikit2, mungkin beneran uda ketarik.
Pas kemaren malem juga, gw merasa karetnya juga jadi warna keabu-abuan, cepet juga berubah warnanya, tp masih ga gitu keliatan sih dr jauh.
Pertemuan selanjutnya bulan depan tanggal 11
Mungkin bakal dicabut gigi gw  :/ serem wkwkw
Sekarang gw cuma bisa berharap, semoga cepet ilang sakitnya, dan gw jd cepet terbiasa makannya dan juga gada biji behel copot atau ilang :(
Oh ya untuk larangan sih gada ya , paling makan jangan keras, kenyel dan harus kecil, gigi bersih, ya paling penting sih itu.
Soal rentainer, ga begitu ngerti, tp td cb searching kayaknya ada tipe2nya lagi dan dipilih sesuai dengan anjuran dokter, dan masih dipake sekitar 1-2 tahun lagi, dan biaya lagi keknya tuh.
Dah segitu aja, dah panjang banget ya curhatnya wkwk
Terima kasih dah mau baca~! doakan yg terbaik yaazzz

Comments

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question