Big Decision : Behel 34

Yak akhirnya kita sampai ditahap bahas per-retaineran ahahah

Oke jadi dari waktu perkiraan yang akan selesai di tgl 7 ternyata selesainya lebih cepat dan pas 1 minggu dari pelepasan behel, yaitu tgl 4.  Nah, gw dikabarinnya lewat WA dan ditanya apakah mau dtg lgsg atau mau dikirim. Karena pas gw tanya kalau kesana ga akan dijelasin apa-apa jadi gw pilih untuk dikirim aja.

Tapi harus nunggu jam 2 karena harus dipotong dulu gt. Pas dikirim ternyata ga dapet casenya jadi cuma dibungkus bubble wrap dan plastik, yah banget ya. Akhirnya harus beli lg deh. Oh ya selama gw ga pake behel dan menunggu retainer, keadaannya adalah gw merasa gigi gw lebih sensitif kayak berasa kendor, gampang kedorong dan kalau gw minum dingin secara langsung itu cukup ngilu. Oh ya dan ada beberapa sariawan muncul :) 

Pas pertama kali coba pake retainernya, gw cobain yang bawah dulu tuh oke pas tp ga sampe bunyi "tek" kayak yang gw liat di youtube. Nah, selanjutnya yang atas itu tuh agak kenceng, lumayan lah kencengnya sampe gw agak kesakitan dan mungkin agak ngaruh ke kepala gw jadi agak pusing gatau sih mgkn juga ga. Walaupun kenceng tp gw merasa yang atas itu agak ga pas karena masih ada gap diantara retainer sama langit-langit mulut, sedangkan yang bawah pas ke attachednya, itu jg agak ngeganggu sih bikin liur kita banyak. Kata dokter lewat WA, emang ada gap gitu gunanya supaya u bisa pake agak lama aja gitu. Pas gw nanya lagi ada info yg mesti gw tau ga, cuma diingetin untuk copot pas minum yg berwarna.

Karena terlalu excited, gw lupa foto penampakan retainer awalnya, jadi gw agak telat gt sadarnya pas beberapa hari kalau ternyata yg bagian atas itu ada satu gigi paling belakang kanan ga ketutup gatau kenapa. Kalau gw liat di youtube mungkin karena memang ga perlu atau itu tadinya robek retainernya atau cetakan gw patah, jadi misteri gw jg ga nanya dokter.

Oh ya cetakan baru gw ga dikasih tuh lupa minta juga huhu. Kalau secara visual, retainernya mayan bening tp ada shade kuning-hitam / mgkn perasaan gw aja kali ya. Tebel tp ga sampe ganggu. Kakak2 gw juga blg "Oh, itu pake, ga keliatan ya" 

Nah, karena mungkin mulut gw lg sensitif dan mgkn penyesuaian lagi, jadi gw sariawannya nambah dan agak banyak ya kiri kanan. Sebelumnya juga gw ada sariawan di gusi gitu mungkin karena gusi gw lg bengkak, jadi pas pake retainer nutupin untung ga tajem / nusuk. 

Hari pertama pemakaian emang agak kenceng yg atas, pas copotin juga ga sesulit itu kecuali yg bawah mgkn karena lg sariawan. Terus besokannya bangun ga gt kenceng kok.

Untuk perawatan biasa gw akan sering2 bilas, kadang gw sikat pake moutwash non alcohol dengan sikat gigi yang beda, kalau kata youtube pake odol malah bikin rusak retainer perlahan. Bisa pake sabun tangan juga tp gw ga mau, aneh aja hahah oh ya gw juga coba beli "Polident Express 3 Minute Dental Cleanser" yang rencananya gw akan pakai 2 kali per bulan, harganya lumayan jadi gw beli 6 tablet dulu ahaha

Kalau misalkan ga pake retainer agak lama kayak dari pagi ke siang trs pake lagi kadang bisa kerasa kenceng lagi gitu. Oh ya waktu itu sempet itung dari awal sampe sekarang itu keluarin biaya berapa, dari Januari 2018 - Oktober 2020 ga termasuk rontgen ya wkwk ya kurle 23.887 hahahaha mayan banget yak.

Mungkin itu aja sih, untuk nextnya jujur gw masih gatau bakal lanjut nulis atau ga karena takutnya gada yang bisa di update aja sih wkwkw jadi silakan mampir siapa tau ada update ehehe


Terima kasih!

Comments

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question