Big Decision: Behel 35

There's not too much to say but at least I get an update.
Jadi, sekitar akhir Juni kemarin retainer bawah gw patah dong. Belum 9 bulan loh wkwk.
Welp, might be my fault hehe, mungkin karena gw suka deep clean 1 minggu sekali, pake 3 minute daily cleanser polident. 
Padahal produknya bilang daily cleanser loh, tp gw pake cuma seminggu sekali tetep aja ternyata mengurangi umur retainernya.
Jadi pas gw lagi bersihin biasa pake sikat gigi dan mouthwash tiba-tiba retainernya patah dengan effortless. 

Awalnya gw kenapa bisa pake itu, karena cari tau di internet gt, ada yg make dan gw coba beneran lebih bersih dibandingkan gw sikat biasa. Sayang masih ada stok 18 tablet hahaha. Terus kenapa bisa tau kalau ternyata itu memperpendek umur retainer, karena gw contact dokter gw waktu itu. Dikira udah ga aktif karena DP nya outdated gt wkwk trs ternyata dibales bbrp hari setelahnya.
Terus gw pun sekalian tanya soal bikin retainer.
Bisa bikin bawah doang ternyata, tp mayan harganya 1.5jt :,) Awalnya dokternya malah saranin gw pake fix retainer. Padahal pas pertama kali mau buat retainer ga disaranin, gw sampe baca ulang tulisan gw di blog, mayan bermanfaat ya postnya at least buat diri gw sendiri. 
Jadi dulu gw tulis kalau fixed retainer itu ga disaranin dokternya waktu itu karena kemungkinan untuk cepet lepas dan ganggu makan-ngomong itu lbh ada, dan cuma bisa ngejaga bagian depan aja.
Oh ya, kalau harga fixed retainer 1.6jt per rahang. Gw ampe yang kek tar dulu deh dok gw pikir-pikir, tp dokternya kek nanti bisa berantakan loh sayang - nanti digratisin scaling deh.

Sejauh ini, gw kadang cuma pake retainer atas doang atau ga samsek. Biasalah, kalau udah lama ga pake terus dipakein ya kenceng bgt gitu. Gw jadi mikir apa beneran yak masih ga stabil tuh gigi dan gusi. Tapi rasanya gigi bawah gw kek lebih kokoh somehow. Kalau atas gw kek masih ada asumsi/sugesti kalau masih bisa lebih gerak gt. 
Sampai sekarang sih pikiran gw untuk bikin retainer baru kek "gak dulu deh" tp worry nya gw juga bakal berantakan lagi giginya. Mudah-mudahan sih gak ya, kita coba pelan-pelan aja makannya wkwk. Kemarin itu sempet sih pake retainer atas setelah beberapa hari ga pake, ya kenceng, pas lepas jd kek lemes tuh gigi wkwk makan fitbar pun harus pelan-pelan.

Sempet coba cari di dental lain jg tapi ga terlalu tanya detail. Rata-rata hampir mirip harganya malah belum bayar cetakan. Kalau di sini, dengan harga segitu jangan-jangan belum sama cetak juga ahaha. Sebenernya mungkin bisa ga usah cetak lagi, mungkin kalau casenya keadaan gigi sekarang sama cetakan terakhir ga jauh beda. Tapi, gw sih kayaknya kalau mau buat di mana aja bakal cetak soalnya cetakan lama gw ada yg patah gt bagian giginya pfttt itu dari mereka deh kayaknya ringkih gt.



Sangat disayangkan sih tp ya mau gimana lagi. Gitu aja updatenya sih wkwk. Entah bakal bikin lagi atau gak, kalau ada update akan dipost di sini yaa. 
Cerita-cerita soal perbehelan kalian dong / retainer gituu yuk diskusi di kolom komentar huehuheh.
Thank you for reading! Semoga faedah

Comments

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question