Big Decision : Kuliah 16

 Sampailah di penghujung Big Decision : Kuliah ini. Tapi, mungkin aja ada chapter tambahan untuk small details tentang kelulusan. Ya kalian pasti tau kalau udah baca blog ini dan postingan sebelumnya kalau akhirnya gw menyelesaikan semester terakhir uyeahh. 

Bener-bener ga berasa banget cepetnya, semua rasanya dipepet-pepet tapi somehow jadi agak seneng karena semua udah kelar, tinggal preparation buat lamar kerja lagi. Selama semester ini dari awal bikin 2 proposal phasenya cepet banget. Oh ya selama semester ini juga dibimbing sama dua dosen pembimbing dan ada 3 kali evaluasi, yang 2 evaluasi terakhirnya udah dihadirin sama dosen penguji.

Proposal gw awalnya adalah perancangan kampanye sosial dan identitas visual tapi tetep aja ga jauh dari kampanye sosial. Setelah beberapa bimbingan awal, langsung ngeh ternyata skripsi/TA itu bukan lagi kayak mata kuliah sebelumnya yang ngerjain mini TA. Jadi, kalau di skripsi itu lebih bener-bener mementingkan isu yang penting dan output yang memecahkan masalah penting itu juga harus extra, kayak sayang aja kalau lu cuma buat output social media doang padahal sekarang udah banyak strategi kreatif yang bisa digunain. Sampe akhirnya terpilih salah satu topik gw yang kampanye sosial tapi diubah sedikit jadi kampanye promosi brand yang punya concern yang sama. Jadi gw lebih memecahkan masalah model klien/brand tersebut. Nah, brand tersebut yang punya concern ke topik gw yaitu ga jauh dengan Zero Waste.

Dari skripsi ini juga gw jadi aware akan strategi kreatif marketing, pendekatan dan gaya penyampaian pesan dari sebuah iklan khususnya. Mantep juga ya. Dari situ juga gw makin merasa tertarik dengan perancangan sebuah iklan dari konsep sampai ke eksekusi/proses khususnya video atau foto gitu. 

Selama skripsi, prosesnya lebih mementingkan konsep dan apa yang pengen disampaikan gt, apa masalah dan solusinya, kalau udah oke, strategi oke baru lanjut ke visual dan dibarengi dengan penulisan laporannya. Walaupun laporannya agak dibelakangin. Oh ya, seangkatan kita dibagi kelompok dengan 10 anggota tujuannya ya biar dibimbing sama 2 dosen pembimbing yang sama, kalau topik/judul skripsi masing-masing tetep beda.

Kemudian, karena sidangnya online dan untuk mempersingkat waktu, jadi kita disuruh untuk mempersiapkan presentasi sidang yang direkam terus dikumpul, jadi pas sidang cuma brief soal abstrak terus dikasih pertanyaan dari dosen pembimbing dan dosen penguji yang masing-masing bisa kasih 2-3 pertanyaan. Lumayan banyak ya. Pas gw sidang cukup gugup sih walaupun less deg-degan karena ga usah presentasi panjang lagi. Ada beberapa pertanyaan dosen yang lebih kayak "kenapa kamu menggunakan ini, apa yang jadi keputusan kamu" kira-kira gitu. Ada yang gw salah jawab gt, maksudnya salah strategi aja dr gw atau mungkin strategi gw aja yang kuranng jelas bagi salah satu dosen penguji jadi pas gw menjelaskan juga ga memuaskan dia. Hm, gimana ya udah gugup terus ga boleh lama jawabnya jadi kayak miss aja gt dan ga bisa menjelaskan lebih. Selebihnya dirasa cukup oleh mereka.

Sempet gugup akan hasil tapi tetep optimis. Hasilnya sih ga langsung dibilang kamu lulus atau ga terus nilainya berapa. Tunggu beberapa hari gitu. Oh ya selama evaluasi juga ada nilainya. Terus setelah sidang juga ngurusin beberapa dokumen kayak penulisan laporan, jurnal, portofolio hasil perancangan skripsi, dll.

Setelah semua kelar, baru deh yudisium. Yudisiumnya hybrid, gw offline untungnya karena cepet banget ahaha. Yauda sekalian nabung rindu sama temen biar ngumpulnya pas wisuda. Wisuda belum tau apakah hybrid/gimana. Katanya sih bakal di bulan Mei wisudanya. Oh ya, untuk laporan disuruh cetak 2x :,) tentunya menghabiskan cukup banyak uang ya, belum lagi kalau nanti butuh uang wisuda wkwkwk. Ah yaudahlah ya mungkin ini bisa jadi seumur sekalinya gw wkwkw.

Udah deh sekarang lagi nunggu aja informasi tentang jurnal dan wisuda sambil persiapin portofolio dan CV eheheh

Bener-bener berasa cepet banget kayak baru aja masuk kuliah. Terima kasih yang udah baca dari awal atau cuma dari sini. Semoga beneran bermanfaat ya!


Comments

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question