Big Decision : Behel 04

Langsung aja ya update hehe

Di tanggal 19 Feb kawat gigi sebelah kanan belakang copot pas gosok gigi, agak kaget sih tp ya mungkin gara2 emang longgar bagian belakang. Kemudian karena sudah malem diganjel pake wax dulu, tp kayaknya copot juga waxnya susah pake dan nempelnya karena ileran mulu. Jadi, cuma di arahin kebawah dan diganjel pake bracket / biji behelnya supaya ga kena gusi. Sempet coba masukin kawatnya ke cantelannya pake tangan tp ga bisa, licin.


Besoknya WhatsApp dentalnya dan katanya bisa pake pinset dan dicoba pas malem dan ternyata berhasil wuhu! walau tetep longgar.

Oh ya, pas waktu itu gw ngerasain sakit lagi giginya kalau kepentok gigi lainnya (atas bawah), terus berasa agak kedorong gitu kalau raba gigi pake lidah hahha. Dan pas tanggal 21 pagi lebih sakit.


Akhirnya ganti bulan Maret rasanya senang mau ke dokter karena rasanya giginya kotor gimana gitu. Waktu itu pernah denger / liat di YouTube gitu kalau tiap kali kontrol bakal di scalling, terus mikir kalau pertemuan sebelumnya sempet di scalling dan agak penasaran sebenernya di dental yg gw pake ini termasuk scalling juga atau ga ya.

Jadi pertemuan di bulan Maret ini yaitu yang ke 3 untuk praktek behel kalau ga salah, pas dateng gw ga lupa bawa hasil rontgen-an dong~ dokternya cek kemudian bilang, "Hari ini, kita cabut sebelah kanan atas ya"
Deng!
Seketika lupa gimana ya rasanya abis dicabut sakitnya gimana ya? karena uda lama ga gitu sakit giginya selain sariawan jadi lupa deh gimana. Akhirnya langsung saja prosesnya dimulai.

Ternyata di pertemuan kali ini di scalling juga, ingat ya scallingnya mah dikit2 aja gatau karena ga mau rugi atau emang ga terlalu banyak yg harus di scalling.

Tapi, ternyata pas pulang masih berasa ada karang giginya bagian gigi depan tp bagian dalemnya hmm.. tp takut juga sih karena bagian itu sering discalling jd takut menipis.

Btw gw lupa urutan perawatannya, karena udah hampir seminggu yg lalu dan gw ga terlalu banyak nulis notes. Sempet dikasih semacam gel merah gitu di gusinya terus kumur dengan air padahal pertemuan sebelumnya dicampur mouthwash kyknya hahah. Rasanya aneh deh yg gel merah itu.

Sempet dikasih semacem betadine juga gw gatau apaan. Oh ya sempet dibongkar dulu dong behelan dan kawatnya, bagian bawah duluan kalau ga salah, dan gw request kawatnya jangan terlalu panjang bagian belakangnya suka ketusuk jadi sariawan. Dan agak menyebalkannya adalah karetnya gada warna champange lagi dong, akhirnya ga mau pake warna yang kayak sebelumnya karena menguning, disaranin warna bening, pearl dan pearl blue. Bening takut menguning juga, pengen pearl blue tp belum siap untuk yg berwarna jadi ya pearl aja, warnanya agak putih susu kalau pear blue kayak baby blue. Mungkin next mau pearl blue heheh.

Waktu dipasang karetnya beberapa bagian gigi bawah itu sakit sih gara2 kenceng banget ngilu gitu. Gw sampe bilang "Aak!" beberapa kali.

Pas gigi bagian atas juga sempet dilepasin bracketnya uhhh sakit doms tp ga terlalu sakit seperti pertemuan kemaren atau mungkin sudah ga terlalu kaget atau eke gengsi kesakitan sambil bilang "Aak!"

Terus pas bagian suntik ga terlalu sakit sih, cuma feeling gw banyak banget disuntiknya, kalau pertemuan sebelumnya kayaknya cuma 1x disetiap depan dan belakang gusi.
Karena buka mulut lama dan lebar sempet sakit tuh pas ditutup rahang bagian kanan bawah, trs dokternya liat gw elus2 bagian itu trs dia bilang "Pegel ya?" terus dia bantu elus2 mijet gitu haha.


Pas part nyabutnya itu lama copotnya dibandingkan sebelumnya, tp proses nya tuh terasa cepet gada sejem ya paling 40-50an menit gw di ruang prakteknya.

Nah, pas nyabutnya itu si dokter nahan tangannya di gigi atas bagian depan gw lah sakit kek didorong kedepan sempet "Aak!" beberapa kali, dikira dokternya gigi yg mau dicopotin sakit, tp gw blg "enggak tp yg bagian depan ini sakit ditahan pake tangannya"

Terus alat seperti tang itu sempet berpangku pada bibir bagian bawah gw beberapa kali sih, dan itu meninggalkan sedikit lecet padahal dah berusaha buka mulut lebar2.

Kali ini ga dikasih liat giginya yg copot itu, gw penasaran sih, pengennya disimpen sama dokter terus kasih gw pas udah cabut behel hahaha. Selesai cabut ya uda di pasang lagi kawat dan karet bagian atas. Oh ya jadikan gw dicabut gigi ke-4 dari belakang kan, sama posisinya kayak kemaren beda kanan kiri doang. Jadi waktu sebelah kanan itu bagian gigi ke3 juga bakal dicabut bracket / biji behelnya, tapi kali ini enggak.

Ngomong2 nih ya bagian gigi gw yang paling belakang, terakhir, atas, kanan itu kan agak naik mengsong miring gt kenapa ga dilakukan tindakan dan gada omongan ya? gw juga lupa tanya sih wkwkw.

Untuk bagian bawah depan yg agak masuk gitu tetep ga dipasang bracketnya tetep dipagarin pake per tapi kali ini pernya ga bisa digeser2 kayak waktu lalu, bagus deh pikir gw.

Dokternya sempet ngomongin lagi soal bracket yang retak, dan bakal diganti katanya bulan depan, lah dok katanya bulan ini hehe. Sebelumnya gw belum nemu tuh yg mana yg retak setelah pulang dari sana dan beberapa waktu saat inget perbincangan ini, gw cek ternyata emang udah ada yg kayak pecah sedikit gitu jd pedok, gw baru ngeh kan, terus cek foto progressan, gada yg retak tuh di foto, curiga pecah gara dokternya nih jangan2 pft. Itu kalau ganti ternyata bayar loh, 600k, gw rasanya ga mau ganti toh skrg kalau di pasang ga ada halangan kok

Setelah itu dokternya sih gada ngomongan plannya bakal diapain, dan gw bego lagi ga nanya2.

Pas jalan pulang bibir atas gw jadi dingin gitu, rasanya menggendut mungkin gara2 biusnya dan ampe keidung dikit, menjalar gitu. Gw sempet takut ga bisa napas (lebai hahah)

Karena ga langsung sakit selesai cabut, dan lupa gimana sakitnya dan kapan jadi gw agak takut dan siap nya untuk besok gitu.

Eh ternyata pas pulang lemes dong hahaha panas badannya langsung tidur. Bangun, makan kue dikit kemudian minum obat ga lama kemudian enakan ga terlalu sakit / panas / lemes

Kayaknya giginya ga sakit sih / yg bolong itu cuma ya lemes panas gitu, atau kalau sakit ya dikit.


Dan~~ setelah beberapa hari atau besoknya gw lupa deh sakit gitu kan terutama bagian gusi belakang gigi yg baru dicabut perih2 gitu. Malah yg bolong kanan ikutan2 sakit perih2 dan gw ga langsung cek di cermin gitu sakitnya ga terus2an sih ya paling pas diraba lidah aja atau kadang2 perih.

Pas cek ternyata disetiap gusi yg gada giginya itu gw malah sariawan hebat bener dah. Untuk yang sebelah kiri yg baru dicabut itu gw ga yakin sih tp kelihatannya dipinggiran bolong itu ada sariawan jg. Atau ga ya belom ketutup tuh bolongnya ga tau deh ya ga gitu keliatan.

Entah feeling gw, lama ketutupnya dibandingkan sebelumnya. Entahlah~

Untuk makan sih jadi pake bagian kanan, tadinya kan kiri, ya susahnya lumayan sih kadang suka pindah sendiri makanannya ke kiri wwkwk kadang suka nasinya ga kekunyah atau lari ke bagian bolong kiri ahhaha

Nah bagian kanan bawah itu gw juga lagi sariawan jd sakit deh kalau makan karena deket2 posisi ngunyah heheh.


Oh ya semenjak pertemuan ini, gw merasa rahang atas itu jdi maju lagi, pdahal nih sebelumnya gw merasa gigi bawah gw itu sudah ketemu gigi atas agak depan yang maksudnya gigi atas dah mulai masuk hahahah

Ngerti ga tuh ahaha

Padahal nih ya, gigi yang bolong kanan itu belom berasa jadi sempit.
Jadi takutnya gara2 ditahan dorong kedepan oleh tangan dokter pas nyabut sebelah kiri deh ahhaah


Kemaren sempet panas dalem banget sih kek tenggorokan sakit badan panas untungnya ga berlangung lama.



Gw sempet kepikiran kalau gw enakan cerita lewat video jadikan gw bisa mendeskripsikannya lebih enak lagi. Tapi tidaklah wwkwk. Selain jarang ada yg baca blog ini, gw tdk begitu mau terpampang nyata di layar monitor mu.

Mungkin segini dulu update cerita behel akan di update lagi next month ya! doakan saja yg terbaik supaya cepet dilepas dan hasil serta prosesnya memuaskan yey!

Thank you for reading! boleh komentar untuk tanya atau ninggalin jejak biar rame hehe, akhir2 ini dapetnya komen link bahasa arab, ga ngerti deh.

bye!~


Comments

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question