Big Decision : Behel 32

Halo! akhirnya nulis lagi tentang progress behel ini, dari Januari 2018 sampai sekarang ebrarti udah 2 tahun hampir 10 bulan dong ya?

Jadi pertemuan kontrol kemaren kan emang dibuat supaya gigi yang atas rapet, tapi ternyata gw masih merasa ada sedikit celah. Dan kondisinya ada sariawan di lidah dan gusi dalem.

Kali ini ada kabar gembira dan sedikit kecewa ke asisten dokter hehe, yuklah langsung aja gw ceritain secara kronologis seperti biasa ya!

Janjian jam 3.30 tapi gw udah sampe jam 3, masuk dicek suhu kemudian lgsg disuruh naik, tumben banget gada tanda tangan pernyataan gitu atau ditanyain soal riwayat kesehatan, sepertinya yg jaga tadi beda orang dari yang biasanya.

Kemudian jam 3.16 ada yang masuk. Giliran gw sekitar 3.46 mayan telat tapi gapapa deh. Oh ya dan langsung masuk gitu ga ditanya soal bracketnya lepas atau ga sama asisten dokter. 

Ternyata asisten dokternya jg beda dari yang biasa, seperti baru hehhe. 

Pas masuk seperti biasa dokternya nanya ada keluhan apa ga? gw sih sampe saat itu ga merasa apa2 jadi bilangnya begitu, trs dokternya bener2 mastiin kalau gada keluhan sampe dia jawabin "tapi..?" hahaha ga kok dok ga kenapa2

Lalu diperiksa, ditarik bibir gw like ditarik sakit kwkkw gw ampe memincingkan mata gw dua kali. Kemudian dikasih tau kalau yg bagian rahang atas masih ada sedikit celah sekitar 1mm, pdhl udah pake karet bening nih katanya lbh kenceng hahaha. Oh ya dokternya juga bilang kalau yg bawah juga ada gap tp gw ga merasa, katanya abis scaling mungkin keliatan. Pas dikasih tau gitu, kayak biasa dikasih pinjem cermin biar gw bisa liat.

Kemudian dibilang juga nih kalau next udah rapet semua... udah bisa copot! respon gw "oh iya?" sambil naikin alis wkkwkw

yey seneng semoga next beneran rapet

Terus gw tanya kan, soal gigi gw yg kelinci itu atau gigi seri sebenrnya masalah ga kalau ga lurus/sejajar sama garis bibir-hidung atau cuma secara visual aja?

Nah dokternya jawab gini, "iya itu cuma masalah visual aja, kalau secara fungsi ga akan ganggu" kemudian dia tarik lg bibir gw yg atas sama bawah, supaya keliatan garis ototnya, sebenernya itu udah lurus gitu, nah dia jelasin juga kalau sebenrnya yg ga lurus itu rahang gw karena gw juga sempet cabut gigi kalau ga salah alasannya itu.

Yauda gw pikir gapapa deh, ga terlalu ketara juga dan ga masalah difungsinya. Jadi kemungkinan besar gw tidak akan pake terapi yang karet menyilang dr rahang atas ke bawah nih untuk nari gigi seri whehehe.

Next, dokternya nanya gw udah berapa lama pake behel, dari Januari 2018 berarti 2 tahun 10 bulan ya katanya. Terus jadi lanjutin bahas soal retainer, yang kayak sebelumnya dijelasin kalau masa pakainya itu 2x lamanya pakai behel jadi sekitar 4-5 tahun wwkwkw. Pemakaian retainer itu perlu supaya giginya ga bakal berantakan lagi dan akan membantu stay bentuknya seperti itu selama tulang(?) gigi itu lagi diperkuat dari yang sebelumnya digeser/patahin pas pemakaian behel (ini dokternya yg ngomong, mungkin maksudnya ga secara harafiah) 

Dijelasin juga jenisnya, kalau retainer yang dari dalem (kayak kawat yang stay / ditanam) itu cuma ngejaga bagian depan doang, sedangkan gw tuh kasusnya ada cabut gigi jadi ga disarankan pakai itu. Nah selama 9 bulan pertama pakai retainer itu hrs 24 jam kalau dari nalar dan hasil riset sebelum2nya paling pas makan copotin, makanya ada kasus yang orang lupa taro di mana / kebuang wkwk.

Setelah 9 bulan boleh pake pas tidur doang, kalau ga salah eheh.

Lanjut tanda tangan juga kayak biasa dijelasin cuma ganti karet. Ditanyain dan disarankan lagi untuk pake yg bening supaya kuat dan gw mengiyakan.

Kumur, lepas karet sebelum scaling, pas scaling tuh mayan sakit ya entah kenapa kok nyeri dan agak tajem terus yang mengecewakan dari asisten dokternya itu adalah pas suction itu dia ga peka, dan terlalu nusuk sampe sakit gt wkwk, trs pas gunting karet itu nusuk kebibir gw yang sampe gw blg "Aaa!" tapi dokternya yang bilang maaf dong.

Terus beberapa kali asisten dokternya itu kayak ga kedengeran dokternya bilang apa kayak pas disuruh tarik bibir gw tuh rasanya pengen gw aja yg tarik tp kan gw ga pake hand gloves kwkwkw terus salah ambil tembakan karet, lupa lepasin napkin gw pas selesai, sampe ditegur dokter "lepasin dong" 

Pas scalling tuh gatau kenapa kok agak lama dr biasanya, trs dokternya komen "tumben ga kayak biasanya udah mendingan" entah maksudya sariawan gw atau karang giginya wkwkw

Nah setelah scalling, kemudian ganti karet baru tapi tetep tipe bridge/jembatan yang nyambung semua. Awal-awal dipasangin dari atas kanan sampe ke tengah putus dan itu 2x putus hahaha bayangin pas nembak dan lepasin karet itu jadi berasa sakit ngilunya berulang-ulang 

Akhirnya dimulai dari tengah dulu deh. Kemudian lanjut bawah. Setelah itu kumur lagi seperti biasa kayanya dokternya bilang 5 menit trs gw ngebatin loh lama amat tp gw ga sampe 5 menit sih wkwkw.

Terus pas di depan mejanya dokter, dia searching retainernya dia menyarankan gw pake yang invasalign jadi kayak casing gitu yang transparan. Kalau retainer yang ada kawatnya di depan yang bisa copot itu ga disaranin karena itu bisa ganggu gw ngomong/makan gt.

Nah tadinya gw pikir nanyain soal harga bakal next aja tunggu bener2 fix bakal lepas eh ternyata dibahas. Jadi, katanya lagi ada promo sampe akhir Oktober kalau ga salah, cetak retainer udah termasuk lepas behel (sama scalling kalau ga salah, ga yakin deh) nah itu di harga 2.4juta :,,D udah termasuk diskon 1 juta

Tapi, gw udah menduga-duga sih sekitar 2 jutaan paling mahal 3 juta gw pikir jadi ga gitu kaget dan demi menyambut hari ini datang memang harus siap-siap.

Oh ya untuk kayak kontrol pas pake retainer itu gw gatau sih perlu atau ga, terus pembuatannya berapa lama, nanti gw coba research ya. *update* udah research nih di berbagai website, jadi mungkin aja akan ada kontrol pemakaian retainer tp ga sesering behel, untuk penyesuaian dan pengecekan apakah berfungsi dengan baik / ga. Nah, sepertinya pembuatan retainer ga sehari jadi, hmm agak males ya kalau mesti bolak balik ehheeh.

Nah, sekian deh intinya gw akan balik lagi dalam 3 minggu hehehe, semoga bener-bener tuntas supaya ga berlama-lama. 

Pas pulang itu somehow berasa agak sedikit gerak giginya kalau gw raba pake lidah, trs besokannya sempet berasa kenceng yang sampe sedikit ngilu kalau giginya bertabrakan.

Wow akhirnya udah terdengar kabar akan lepas :D hahaha gimana kalian bacanya? ada ga nih yang dari chapter 1 sampe 32 ini ga ada yang miss satupun? Terima kasih ya kepada kalian yang melakukan itu! hahaha. Tapi untuk yg baru bergabung tentunya terima kasih juga ! coba ikutin dari awal ya biar ga miss atau bingung heheh.

With this I would like to shoutout to my friend who is just join the club of behel! Nael! Semangat yak! hahhaa, coba pas baca ini udah berapa lama pake behelnya?

Semangat juga buat kalian yang mau behelan atau lagi menjalaninya~ 2 tahun mungkin lama, mungkin juga cepet tergantung tiap case manteman!

Semoga post tentang behel ini berguna dan menghibur ya ! heheeh 

Terima kasih sampai next post! 



Comments

  1. Ko jd ngeri ya ka mau pasang behel disana abis baca critanya😂

    Btw disana protokolnya pake apd jg gasi ka pasiennya di tengah pandemi gini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Maria, waduh ngeri kenapa tuh? sini sharing bareng eheheh
      Pake APD level 3 loh jadi udah pasti aman ehhehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question