Big Decision : Behel 33

Sebelum lupa semua jadi mari langsung saja ku tumpahkan ahhaha.

Akhirnya hari penentuan datang juga! Walaupun kemungkinan besar adalah akan copot behel tp kan ada kemungkinan kecil kalau ternyata masih perlu didempetin lagi giginya. Ga mau boong, dari jauh-jauh hari pun sudah ga sabar, tp selalu ingetin diri sendiri untuk tidak besar harapannya takut malah nanti sedih banget kalau ga jadi.

Janjian jam 4, tapi ternyata masuk itu hampir 4.30 :) baiklah, tak apa. Sempet kepikiran deh apa jangan-jangan jam praktek itu 30 menit setelah jam janjian? ahhaha

Jadi sebelum masuk, asisten dokter / bruder (suster cowo) seperti biasa nanyain ada bracket yang copot? mau karet warna apa? Sudah kebiasaan jawab, tp kali ini jawab sambil bertanya-tanya apakah saya ga jadi copot? ahahah

Kemudian setelah masuk, dokternya nanya deh menurut gw apakah sudah rapet? gw jawab "Menurut penglihatan saya sih udah dok" "Yuk, kita cek" balesnya. 

Pas dicek, "Ini udah rapet kok, udah boleh dilepas" kata dokternya disusul kembang api di dalam hatiku. Ga boong, gw seneng sih huehehe. Lanjut kumur, terus lanjut tanda tangan surat yang kayak gw mau diapain hari itu. Dijelasin kalau gw akan kena 2.4jt termasuk diskon dari biaya copot behel 1jt.

Oh ya gw sekarang ini lg gak sariawan, tp pas pertemuan sebelumnya gw pulang itu behel nyangkut mulu dibibir atas kiri jadi sariawan gitu, tp tumben aja recovery nya cepet. Dokternya ampe bilang tumben gw lagi ga sariawan dua pertemuan terakhir. Ada minum vitamin atau makan buah? gw bilang engga sih paling jus ehehe katanya bagus minum jus. Dia juga saranin minum jus beet katanya bisa sambil dikumur. Temennya yang meneliti kalau beet itu bagus buat sariawan ahaha.

Kemudian, dicopotin behelnya dan itu agak ngilu buat gw, bayangin ya lem nya kuat kayak lem besi / lem korea hahaha jadi berasa banget pas lepasnya. Sempet sakit gitu pas diteken gatau dokter/brudernya yg neken. Kalau bruder pake alat suction kalau dokter neken pake alat cermin bulet itu. 

Setelah dilepas lanjut dibersihin sisa lemnya, itu alatnya kayak buat scalling kalau ga salah, sempet ganti juga beberapa kali ke alat yang lain mungkin kayak pelumas yang bentuknya rounded? Ga keliatan sih sama gw, cuma dr video youtube biasanya gitu.

Nah, dibersihin kayak discalling gitu tp kekuatannya 7 haha tau dari dokternya yang minta kekuatan nomor itu ke bruder. Ya, kenceng sih suaranya dan ngilu secara audio ataupun feel, tp ngilunya cuma beberapa part doang, terutama bagian gigi bawah dan depan mungkin itu udah tipis kali gigi gw, dulu suka ada karang gigi disitu. Kadang bisa bau kayak semen / ngelas gitu mungkin karena lemnya itu.

Pas dibersihin jadi suctionnya sambil keluar air juga dan alat dokternya ada angin. Udah banjir aja dah meleber kemana-mana hahahaa pengen ketawa mulu bawaannya. Sampe diganti tuh napkinnya.

Pas udah selesai dibersihin yang bawah, sambil nunggu apa lupa gw, dokternya kasih cermin ke gw buat liat perbandingannya yg udah dibersihin sama belom dan kerapiannya.

Lanjut ke rahang atas, tp karena airnya muncrat kearah atas jadi kena muka gw dan bisa masuk idung ahahah. Jadi, dokternya bilang "Maaf ya aku tutup" jadi dia tutupin muka gw pake tisu, terus ga lama tetep muncrat gt airnya jd dia berhenti "Kena ya?" dan gw bilang "Iya, kena sampe masuk idung ahaha. Apa saya bantu pegangin tisunya?" tp menyadari kebodohan gw bahwa tidak mungkin bsa, jadi gw blg "Yauda saya copotin kacamata saya"

Kemudian dia tutup kan muka gw sampe bagian idung hahaha kocak deh, "Kamu bisa napas ga nih" katanya bisa dong dok. Terus lanjut deh bersihin semuanya, ga terlalu inget gimana, intinya ya gitu sih ngilu suara, ngilu rasanya di beberapa part, kadang ada bau kayak kebakar/las/semen ahahaah terus kadang tajem sampe gw "Aak" gitu sampe sempet sekali dokternya berhenti, oh ya kadang gw juga napasnya kek tegang dan ga beraturan gitu hahaha tp berusaha tenang. Mungkin gw nya aja yang panik. Kalian jangan ya.

Setelah itu kumur-kumur deh, dan udah lepas behel dan bersih sampe dokternya bilang "udah bersih banget tuh" dan di foto dulu giginya pake alat pembuka bibir gitu loh itu ketarik bgt bibir nya ahah malah kadang ditahan gitu sisi sebelahnya masing-masing sama dokternya biar keliatan jelas

Rasanya udah lepas behel dan bersih itu kocak banget, gigi gw kek licin gitu kalau di raba pake lidah, terutama yang gigi atas depan karena udah rapi gitu jd ga keset / ada tanjakan haahahah licin pokoknya. Kecuali bagian dalem keset gitu kayak abis di scalling gimana sih.

Terus kocaknya juga adalah kek bibir gw jatuhnya / mingkemnya kok jauh, sumpah ini susah jelasinnya, tp bayangin aja tadinya ada bracket tb2 gada kan kek loosen gitu loh kek gada yg nonjol lg otomatis bibir lu ga jauh2 

Setelah itu, dokternya nanya "Kamu jadi pake yg fix atau bening" awalnya gw ga ngeh ternyata itu ngomongin retainer. Terus gw bilang, bening aja kan dokter yg saranin dan dia mengiyakan dan jelasin lagi soal bedanya fix sama retainer kayak waktu itu.

Sampailah kita dibagian cetak gigi, sebelumnya dokter nanya "Kamu inget ga rasanya cetak gigi?" "Iya hehehe" "Iya mual gitu ya" "Iya dok haha" "Nanti napasnya lewat hidung ya"

Dokternya jg sempet reconfirm dokter lama gw ehehhee, sungguh penasaran nan kepo gw soal dokter sebelumnya.

Jadi brudernya yang bikin adonan cetakan gigi tuh, di guide sama dokternya heheh. Nah, pas cetak ternyata yang atas dulu. Setelah gw pikir ternyata tuh yang bikin mau muntah adalah karena cetakannya hampir kena ujung banget dan isi adonannya yang banyak banget. Gw tadinya pikir yang bikin mual adalah adonannya, mungkin dulu iya gitu karena mint nya dikit tapi sekarang tuh mintnya berasa jadi ga semual itu kecuali ujungnya yg dalem banget. Napas gw agak susah diatur tp gw berusaha tenang. 

Kata dokternya tahan ya 60 detik, gw rasa lebih dr itu tp ga lebih dari 2 menit. Cepet kok. Setelah itu dilepas dan kumur.

Lanjut rahang bawah, tadinya gw udah taro lidah gw diatas langit-langit, eh pas dicetak malah lidah gw auto turun, jadi dokternya bilang lidah kamu keatas dan kedepanin ya, tp karena udah kena cetakan jadi ada adonan yang nempel di lidah hahahaa tp gapapa kok. Setelah selesai kumur lagi, terus dokternya bilang ke bruder "Tolong bantu pasiennya" maksudnya suruh bersihin adonan yang nempel di sekitar mulut / pipi HAHAHAH kocak asli. Tapi baik banget dokternya dan brudernya.

Dibandingkan bruder yang lalu yang sepertinya newbie, yg ini lebih ngerti sih walaupun kadang dokternya masih arahin gitu dimana harusnya suctionnya terus kayak ingetin lagi "Airnya mana" sampe dua kali haahah 

Setelah selesai dokternya foto lagi gigi gw kayak tadi, sama foto profil gw gitu maksudnya secara normal, senyum dan sisi samping. Gw bilang boleh minta fotonya ga nanti, boleh di whatsapp aja katanya. Kalau foto yg before katanya ga ada, karena trnyata pake hp pribadi ehehueheeh. Dikira pake hp dental.

Terus dikasih tau retainernya mungkin seminggu/lebih kira-kira tgl 7baru jadi karena kan ada long weekend nih. Nanti dikabarin kalau udah jadi, bisa diambil/gojek. Ku pikir menarik jg dikirim jadi hemat, tp ga diajarin dong ya pakenya / ga d ksh tau tipsnya hmm. Ya walaupun bbrp info sudah dijelasin dr jauh hari. Apakah aku kesana / dikirim pake gojek itu keputusan nanti kalau udah jd dan dikabarin kalau ternyata cuma ambil selesai ya kemungkinan besar gw ga kesana.

Pas udahan, ditawarin bawa pulang cetakan lamanya, yauda gw bawa buat kenangan ahhaah. Trs sambil lirik bekas behel-kawat sebenernya gw pengen bawa pulang tp ga enak mintanya hahaha. Terus dokternya suruh ngaca udah rapi kan, bandingin sama cetakan lamanya. Sebenernya ada gap kecil sih deket gigi taring atas kiri yang dari kemaren ditarik, cuma yaudah gw pikir kecil paling nyelip dikit atau mungkin bisa kebantu sama retainer nanti. Ya gw ga nanya, gatau napa udah seneng duluan kali.

Selesai deh.

Turun bayar, jadi kena 2.420.000 karena ada biaya admin 20k. Ku pikir ada promo member lagi :,D ternyata enggak. Yauda, biarkan ini menjadi the latest expense hahahaa.

Trs pas pulang gw chat WA dokternya, buat nanya ada pantangan ga selagi nunggu retainernya? karena gw merasa gigi gw kek gampang gerak pas gw raba pake lidah dari dalem, bahkan pas tadi dokternya agak neken pake jari. Tapi ternyata ga ada pantangan. Terus gw minta foto afternya, buat kalian yg mau liat gw ga taro disini ya, silakan kontak gw aja lwt IG/FB nanti gw kirimin deh, tp gada before nya ya paling dari cetakan gigi ehheehe

Terus gw masih coba nanya boleh ga gw minta bracketnya hahaha buat kenangan juga, tp dokternya bilang kalau udah dibuang karena per pasien diakan sterilin ruangannya, ya make sense sih. Cuma, kenapa tadi ga langsung dibuang ya hehehehehhehe 

Oh ya catatan tambahan, jadi setelah dicopotin dan dibersihin, gw rasa ga perlu sampe di bleaching / putihin gigi deh, karena udah cukup bersih. Terus tips lainnya dari dokter soal retainer, katanya kalau minum jus / minuman yang berwarna pekat dilepas aja jadi ga gampang berubah warna deh retainernya.

Sekian deh! wow sampe chapter 33 loh! gw akan update ya kalau gw udah dapet retainer nya. Kira-kira perlu bahas ga ya perjalanan pake retainer per bulan? atau kalau ada sesuatu aja ya? ehehhe

Silakan kasih pendapat kalian ya, atau sekedar sharing/bertanya monggo

Makasih untuk kalian yang udah baca, terutama yang dari awal banget wow kalian amazing! luv, semoga bermanfaat ya. Semoga bisa menghibur juga. Untuk kalian yang mau atau lagi pasang behel, semangat! 

Kalian bisa baca post lain di blog ini ga cuma tentang behel ahaha siapa tau kepo silakan dicek ya! Terima kasih <3




Comments

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question