Big Decision : Behel 03

Ada beberapa part yg ga inget karena ga di tulis, cuma ada hari2 awal setelah di pakein behel yang ditulis dan paling nanti akan nambah2 aja yg seingetnya

Mulai!

Ngomong2 ini lagi dikantor (lagi) hahah lg ga terlalu banyak kerjaan, jd bisa cepet tulis disini sambil cek2 kerjaan lagi.

Hari ke-3 (13 Jan) 
Akhirnya beli wax lewat toped yang harga ongkirnya lbh mahal haha dikira 1 aja cukup dan sempet khawatir kurang pas barangnya dateng, karena isinya cuma 5 atau 6 batang wax kecil dan 1 hr hampir 1 batang. Eh, trnyata emang cukup aja sih 1 kotak untuk pake hampir 1 bulan. 

Untuk pertama kali pake wax mudah, setelah beberapa kali susah gara2 ketebelan, kadang terlalu tipis juga jd suka robek. Kadang cpt nempel, tapi kadang basah bkin susah kadang juga basah gara2 iler yang ngocor terus haha. 
Ganti tiap gosok gigi tapi lama kelamaan makin males jadi pake untuk 2x gosok gigi eh gmn ya jelasinnya, sempet pake wax pdhl lg gosok gigi hehehe.
Makin lama juga makin agak males gosok gigi lama2.

Sempet cek d yutub soal behel, copot behel, retainer, gigi putih, odol khusus, tapi ada juga yg pake odol biasa tapi ga da kandungan whitening malah katanya itu yg buat putih. Kalau ga mau pake odol khusus seenggaknya sih pake odol yang ada kandungan flouride alias pencegah gigi bolong. Odol gw ada flouride, pepsodent kok. Btw pas hari ke 3 ga sesakit kemaren. 



Hari ke-4 (14 Jan)
Makan lbh banyak, dan lebih gede kayaknya. Oh ya terus baru sadar kalau gigi sebelah kiri susah ngunyah ngoyak gara2 sebelah kanan uda ketemu gigi atas bawah, sdgkan sebelah kiri ga.
Makannya udah bisa makan bebek dan ayam sambel, tp masih ga bsa yg terlalu keras, kebanyakan sih masih telen juga ujung2nya, setelah di lumatkan dengan liur dan lidah. Jadi agak khawatir sama pencernaan hahahaha.

Waktu itu pernah lagi makan, bersihin pake lidah bagian belakang, eh lidahnya ketusuk sama kawat di ujung dong wkwkkw berdarah sedikit. Masih ganjel dan bandel, ituin lagi eh ketusuk lagi hahaha.

Janjian selanjutnya kan rencana di tanggal 11 Feb, reschedule ke tgl 8 Feb, eh reschedule lagi jadi hr kemarin yaitu 1 Feb. Untung ga bayar reschedule kek pesawat hahaha.
Reschedule gara2 tgl 11 rencananya mau test masuk kuliah. tgl 8 kelamaan, sedangkan kemaren kosong ga ngapa2in.


Akhirnya kemaren dateng ke klinik ditanya2 dulu sebelumnya
Dokter (D)
Gw (G)

D: Ada yg copot ga?
G: Ada tp masih nyangkut di kawat
D: Gara2 apa? Makanya ya?
G: Enggak, gara2 lagi pake interdental (sikat gigi kecil yg kayak sikat wc wkwk) soalnya kayaknya gara2 behelnya dempet deh

Terus periksa gigi gw
D: Ini ada yg retak ya 1 nanti di ganti pertemuan selanjutnya aja
G: *dalam hati* yahhhhh
///

D: Kita cabut gigi ya.. siap ga?
G: Ya siap siap aja deh heheh

Gw d cabut sebelah atas kanan, sebelum di cabut, bagian rahang bawah di beresin lagi tuh dari lepas kawatnya, kemudian lepasin biji behel gw, trs di pasang lagi kawatnya. Urutannya sih ga inget, dan gatau jelasnya gimana kan ga bisa liat hehe. Terus, sempet di senter biru lagi tuh, padahal ga di pasang behel baru setau gw. Jadi yang setengah copot itu, akhirnya di lepas.
Kawat untuk rahang bawah sih jadi kayak ada yg per gt di bagian depan gigi yang wkt itu biji behelnya copot, skrg gada biji behelnya. BTW kayaknya kawatnya masih yang lama jd, cuma di bersihin. Terus di pasangin lagi karet baru, karena warna champange gada, asistennya tawarin bening, gw okein aja biar cepet. Dipasangin, trs ya kenceng lagi, hahah kayaknya sempet "Aa!" deh hahaha.


Kemudian, lanjut yang atas, kawatnya juga di lepas, terus dia mau lepasin bracket / biji behel di gigi gw yg mau di copotin. Oh ya sebelumnya dokter ada scaling dikit2 sih, trs dia juga blg bagian depan bawah gw harus lbh d concern-in lagi utk kebersihannya. Terus sempet di kasih cairan apa gt dari suntikan tp ujungnya bukan jarum, terus di kasih kapas mulut gw beberapa kali.

BTW lagi nih, wkt di biji behel gw yg setengah lepas itu, kan jd ada darah yg agak mengering gara2 gusinya kena interdental mungkin, dan emang gusinya itu kebuka dr sejak sebelum pake behel. Dokternya blg "Hmm ada cokelat ya disini" trs setelah mulut gw gada alat, gw blg "Itu kayaknya darah deh, soalnya gusi di situ kebuka dr sebelum pake behel juga uda kebuka" "Oh gara2 apa?" "Gatau deh"

Oh ya sebelum kepertemuan ini sebelumnya gw uda punya sariawan tambahan dong, jadi ada di bawah pipi kanan kiri tepat di ujung behel itu gara2 kawatnya pasti, trs di atas kanan, pasti gara2 biji behel yg ada ujungnya wkwkw.

Lanjut ke copotin bracket nya ya, jadi gw langsung kepikiran video youtube org2 yg pas lepasin behel tuh pake semacem tang hahaha. Ya gw pikir ga sakit, soalnya di video mereka biasa aja, lah pas gw sakit kek lepasin lem yang bener2 kenceng banget gt bunyinya juga sama. Ampe gw blg "AAa!"
hahaha. 

Setelah itu, gw di injeksi / suntik bius, pertama kali di suntik nih. "Sorry ya cin, di injeksi dulu" kata dokternya, gw oke-in. hmmmmm sakitt ya soalnya tajemmm, itu di suntiknya atas gigi sama dalem nya gt loh jd 2x mantap ga tuh, ampe pala gw menghindar. 
Abis itu dokternya kayak cek gigi gw "Berasa ga? ngilu ga?"
"Ga kok" kata gw, widih ntap ya ga perlu banyak2 langsung ampuh kayak mati rasa seperti dokternya bilang.

Kayaknya setelah ini atau sebelumnya pokoknya pas proses copotin gigi, gw tuh di kasih cairan mirip gel warna merah gatau bwt apaan, kayaknya dokter sempet bilang tp gw lupa apa.

Terus pas dicabut giginya sih ga berasa ya, tp kan di cabutnya pake alat yg mungkin kayak tang, trs susah mgkn ya, soalnya si dokter sampe nyengkram pipi gw wkwk kukunya tajem juga sih.

Sempet juga si dokter pake alat semacem pinset tp ketusuk2 bibir bawah gw, sakit sih trs gw kek "Ee!" dia bilang "Kenapa? berasa ya?" gw blg "Ga" "ooh berasa kayak ketarikya?" trs gw diem aja wkwkw mulut gw lagi ada alat2 tar kalau ngomong takut muncrat.

Kali ini asistennya masih cewe tp lupa sama kayak wkt kmrn atau ga, tp sih kali ini ga kasar kerjanya senangnyaaaa.

Setelah dicabut dokternya kasih liat gigi gw, ga terlalu gede dan panjang sih, itu sih cuma ekspetasi gw aja. Terus pas selama pencopotan ga banyak darah, gw sih liat di alag sedot ga merah2 atau gw ngerasa ada darah dalem mulut. Setelah copot disuruh gigit kasa, td gw pikir kapas, mungkin supaya ga nempel2 kapasnya. 

Gw lupa kapan tapi ada waktu si dokter cocokin gigi gw dengan gigi cetakan. 

Hmmm setelah gw cek di rumah ternyata gigi dalem sebelah yg ompong itu ga dipasang bracket, padahal perasaannya cuma di copotin 1 doang ehhehe. 

Pas pertemuan ini juga gw lupa bawa ronsenan hahaha. 

Selesai, trs dikasih tau jangan terlalu bnyk kumur, biarin darahnya karena darah itu yg membuat cepet cover si bolong hahah. Jangan makan panas, pedes, asem, gila kesukaan gw. Dan ada peraturan lain yg sesuai di kertas instruksi, ga boleh minum alkohol, gigit kasa 1 jam, dikasih kasa cadangan, btw kasa nya bentuk segitiga gt kek dililit. Terus jangan di mainin bolongannya pake lidah, ditusuk, dikorek, dll  peraturannya apa lagi ya lupa, ya intinya sih yang penting itu.

Oh ya pas abis di suntik disuruh kumur lah gw gemeteran wkwkwk pas gw disuntik aja gw kek mencengkram kuat gt kwkwkw nge freeze. 

Rencana abis ke klinik makan jadi batal deh, susah makan pikir gw. 

Dikasih resep antibiotik dan anti sakit beli disana juga ga mahal sih belasan ribu untuk 16 biji dengan 2 tipe obat.

Setelah pertemuan itu gw jd ga pake wax lagi. 
BTW pas awal2 dokter cek gigi, dia blg "oh pake wax ya kamu, yg atas uda berapa lama gantinya" "kemaren malem" gw bilang hehehe

Pas jalan pulang haus beli es jeruk, bilang ke abang jgn terlalu manis, ya elah asem bener trs keinget ga boleh asem2 hahaha

Sampe rumah ganti kasanya, karena udah basah banget tes tdr karena cape lemes gt. Bangun agak sakit dan menjalar ke pala tp cuma sebelah kanan doang, pertama kali migrain hehehe. Tapi, sakitnya masih di tahan, gatau apa gara2 tidur kayak ga sadar gigit gigi kuat2 atau biusnya dah abis.

Cek kasanya, udah banyak darah, kuputuskan untuk lepas saja dan biarin, mengingat kata dokter darahnya yg diperlukan, bbrp kali emang darahnya ngalir dkit ke gigi bawah ya tinggal di lap aja pake tisu hehehe.

Trs sore ga gitu sakit, malem sakit bentar, maleman lagi ga sakit tp ttp minum obat 2 tipe itu untuk ke 2xnya biar rasanya tuntas ilang sakitnya.

Besoknya alias hari ini, ga sakit sih sampe sekarang 7.50 malem cuma ya pas tadi minum calpico atau nyeruput kuah, lidah gw kek nyedot gusi bolong gw agak ga nyaman sedikitttt sakit.

Tapi makan sih ga sakit ya ga gimana2, karena juga gw pake sebelah kiri hehe. Tapi ga keganggu kok. 

Oh ya lagi nih, waktu bener2 habis dipasangin behel, di behelnya itu ada titik2 kecil warna merah atau ijo kalau ga salah, setelah beberapa kali gosok gigi ilang, kayaknya dalam wkt yg cepat.


Hmm ini tulisan di tulis 3x di hari yg beda gara2 ga sempet mulu, nanggung waktunya dan ya ada males lanjutinnya. Sekarang jd gatau mau nulis apa, tp skrg sih lagi kesakitan banyak sariawan serius hahaha.

Ngomong2 gw suka lupa minum obatnya, tp ga sakit2 lagi sih, paling pas sakit dikit gw baru inget minum hahah.


Udah mungkin segitu aja dulu, segini aja uda panjang. Semoga kalian ngerti setiap deskripsi wkwkwk. Kalau gw ksh fotonya takut jijik wkwkkw.

--------
Update 13 Feb

Karena ada waktu di kantor dan lagi ga banyak kerjaan, dan juga mumpung inget.
Jadi pas pertemuan ke3 yaitu hari dimana gw dicabut giginya, pas gw mau bayar ditawarin dokternya untuk buat member jadi ada potongan harga kontrol gt jd 320 kalau ga salah dr 400/450, pas awal pertemuan dokternya bilang biayanya 400k tp pas pertemuan ke 3 dia bilang 400k kalau ga salah.
Biaya membernya 100k, pas mau bayar, ada tulisan gitu kalau staff disana ga jelasin soal benefit member atau ga ksh struck dsb, bisa gratis tuh. Lah, gw aja ga dijelasin wkwk.

Terus baru aja kemaren kayak merasa ada perubahan kayak lebih gak sanga / tongod / maju aja yg bagian atas. Keluarga gw ada yg bilang yg bawah agak rapi. Kemaren juga sempet sakit tuh giginya, sekarang juga tp sakitnya itu sakit yg kayak hari pas di pasang behel pertama kali yg kalau diraba pake lidah sakit, tp ini ga sakit amat kok. Karena kmrn iseng kek raba2 pake lidah yg mungkin agak kuat tekanan lidah gw, skrg gw merasa bagian atas tongos / maju lagi masa kwkwkw

Semoga sih cuma perasaan aja, dan ada progress yang lumayan ya supaya ga lama2 pakenya hihihih

Waktu abis copotin gigi kalau ga salah, jadi banyak kan sariawannya, nah itu salah satunya kan di atas kanan yg kena tanduk bracketnya, pas di bagian ompong kan ada kawat panjang gitu buat lanjutin ke belakang, nah kawatnya itu juga jd kek jiplak ke bibir gw, sempet perih juga tuh kek ada kecetak panjang gt, trs kawat bagian yg gada bracketnya juga ga terlalu kenceng sempet gampang goyang2 gitu gatau skrg, ga ngecek lagi.


Sekarang sih sariawannya ga gitu sakit. Kmrn2 sempet keceplosan nguap gede2 jadi takut  kwkwkw.

Oh ya pas di pertemuan ke 3, dokternya bilang sbenernya gigi ini emang sengaja dibuat gampang goyang gitu, biar nurut sama bracketnya. Terus sempet awal2 abis di cabut giginya yg sekalian ganti kawat, susah buka mulut karena nyangkut bagian atas bibir sama bracketnya yg ujung2nya jadi sariawan wkkw. Dan juga gw merasa kawat kali ini lbh panjang juga, jd ada sariawan juga deh gara2 ke tusuk2 kawatnya, sedih sih, tp skrg dah ga gt sakit mgkn gara2 gw pake obat walau ga rutin ehehhe.

Dah mungkin segini aja, maaf ya kalau deskripsiinnya ga enak ga jelas dan juga ga berurutan huheuheuhe. Will try my best for next !

ciao~

Comments

  1. Sampe ketawa ngakak gue baca ginian wkwkwkwk.
    Jadi ada suka dan duka gitu ya pake behel.
    Mau lanjutin sampe cerita behel yg terbaru.

    Thanks for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nate! Terima kasih sudah mau baca dan ngakak hahahah. Iya pasti ada suka duka deh pake behel. Silakan baca terus supaya tau perkembangannya ya heehehe tinggalin jejak aja biar ga lupa udah baca sampe part berapa hahah
      Semoga bermanfaat
      Thank you !

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question