Big Decision : Kuliah 02

Yak langsung saja ya.

Bab 1 : Tes Buta Warna

Jadi sebelum mengurus semua pendaftaran gw harus melakukan tes buta warna dulu.
Sebenernya gampang aja, tp gara2 gw sambil kerja jadi jam nya ga pas mulu.

Pas mau telp puskesmas deket rumah dan juga RS Tarakan, susah banget dihubunginnya, kalau ke hubung pasti mati atau ga diangkat atau tiba2 suaranya kresek2 nitttt gt rusak.


Sesuai dengan apa yang dicari di internet, katanya sih biaya tesnya memang murahan di puskesmas.

Kunjungan pertama ke puskesmas emang udah sore jam 3an, dengan positifnya gw pikir masih bisa tes, toh bentar doang walaupun puskesmas tutup jam 4 tuh menurut google.
Eh taunya emang ga bisa, karena bagian poli mata katanya dah tutup dan harus dari pagi.
Gw tanya bukanya kapan aja, dari jam 7 sampe jam 12 atau berapa gitu lupa gw.

Kecewa sih, soalnya waktunya jd mepet dan harus ngatur lagi.


Kemudian nyoba ke puskesmas lagi, tapi jam siang setelah gw dari dokter gigi, eh ternyata bener2 harus dari pagi gitu daftarnya ga bisa siang2 kan taik kesel lagi, ga jadi tes lagi.


Setelah itu gw coba ke RS Tarakan di hari yg berbeda, pas abis pulang kantor karena sejalur juga dan sore sih jatohnya jam 3an juga. Dan ternyata sama aja harus pagi2. syedih.


Akhirnya ada waktu, ke puskesmas deh pagi jam 8 hari Kamis tanggal 8, ambil antrian, daftar bayar 5000, nah ini nih aneh sekali bapaknya minjem KTP tapi mau masukin data diri gw aja masih tanya2 lagi.

Pas dia mau informasiin gw harus ke poli mata atau kemana dulu dia tanya rekannya, dan rekannya nanya umur gw dan lebih kurang bulannya coba. Kayaknya kalau masih kecil harus kemana dulu gt. Untungnya gw lgsg ke poli mata. Sebelumnya bayar dulu di kasir lt 2 sebesar 5.000

Abis bayar naik ke lt 3, langsung ke poli mata, nunggu deh. Pas lewat ada yg buka kamarnya eh ternyata uda ada beberapa pasien. Gw nomor urut 10.

Sebenernya satpam disana baik dan informatif semua seketemunya gw ya.

Tapi dokternya jutek masa, di poli mata ada dua cewe dokter, gatau sih sebenernya salah satunya dokter atau bukan, soalnya dia ga pake baju / jas dokter.

Juteknya kayak ya nyolot gitu dan ga ramah, ga nuntun, lebih ke arah bentak, ayo cepet yeee.

Pas tesnya gw itu di suruh tes rabun dulu sih kayak pas mau bikin kacamata hhehe jaraknya itu lebih dari 30cm mungkin bahkan 1m. Sempet di suruh ga pake kacamata dulu, terus karena burem banget gw ada salah beberapa kali, dia suruh pake kacamata. Sebut dengan lancar, trs di suruh tunggu bentar tuh.

Kemudian setelah dia layanin beberapa pasien, gw lanjut tes buta warna dengan buku yang ada tertulis Ishihara nya kwkkw.

Ga di kasih duduk dong kwkw padahal ada bangku gt, jadi gw berdiri aja sambil liat bukunya di meja. Tau kan tesnya kayak gimana? kayak yg di internet yg bulet warna ada angkanya.

Sebenernya kan kalau gitu ga bisa dibilang "salah" karena ya mereka harusnya menilai aja sih dari penglihatan kita, kalau gw salah sebut dari yg seharusnya, bukannya dia harusnya diem aja trs kek cukup tau aja. hmm tidak tau lah eke yg pastinya gmn.

Jadi gw ada beberapa kali salah sebut tuh, trs dia bilang "salah" "eh salah" gitu wkwkkw


Setelah itu disuruh tunggu sebentar, kemudian akhirnya diperiksa sama dokter yg pake jas putih. Dia meriksa mata gw pake alat kayak cek minus tapi kayak mikroskop juga trs mata gw kayak disinari gt, silau dongse ehhehe. Dokternya bilang, "ya uda bagus sih ini, ga ada masalah, terakhir kapan check ke optik bikin kacamata baru ini" " ya minusnya dah pas"

Kemudian dia tanda tanganin surat tanda tidak buta, yg sebelumnya dah di isi sama dokter sebelumnya itu.


---- sampe titik ini, gw baru nyadar, gw lupa pake bab untuk cerita biar enak, next gw coba inget2 untuk pake bab ya, ga cuma di post soal kuliah juga tp yg lain termasuk behel----

Terus disuruh bayar lagi 20.000. Selesai langsung ke kasir lagi untuk bayar, kemudian pulang. Kira2 makan waktu 3 jam di puskesmas.


Bab 2 : Pendaftaran

Sepulangnya, langsung daftar tuh dengan cara sesuai di brosur dan juga dikirim email menurut informasi dari staff Untar via whatsapp.

Jadi udah di isi semua, foto diri, foto surat tanda tidak buta warna, trs transfer biaya pendaftaran 300.000 ke nomor rek sesuai di brosur

Kirim email, dengan subject dan alamat email sesuai dengan info dari staff via WA

Jadi gw kan ambil tes USM yaitu Ujian Saringan Masuk. Pas gw tanya via WA dimana gw harus mengupload dokumen2 dia bilang email aja dengan subject USM Online. Terus semenjak itu gw lupa kalau bisa daftar lewat web langsung.

Nah kan, gw pikirnya oh USM online. ok beres.

Eh ternyata gw di bales setengah jam, tapi gw dapet notif itu besoknya. Dibilangnya kalau pendaftaran USM online dah tutup tuh. Emang sih gw chat ama staff nya dah lama, tp gada info kayak gitu, ditutup 1 minggu sebelum ujian. Iya gw daftar aja tanggal 8, tes tanggal 11.

Terus gw tanya via chat WA lagi, gimana jalan keluarnya.

Jadi gw katanya salah kirim biaya, kalau gw itu kirim ke ujian offline gitu deh.
Karena Jumat nya gw kerja jadi ga bisa ke Untar langsung untuk daftar, waktunya ga ada, dan belom print segala macem.

Ribet deh karena ga lancar lagi, dah gitu penjelasan staffnya juga ga terlalu clear amat dan gw jd perlu klarifikasi panjang lebar baru dia bilang "betul"

Jadi karena dah mepet banget tinggal hari Sabtu daftarnya dan Sabtu gw kerja, staffnya kasih pilihan yaitu
1. pake gojek
2. gw dateng sendiri
3. pas minggu hari ujian pagi2 dateng daftar

Untungnya Sabtu gw masuk siangan jadi bisa ke Untar deh, mengingat pilihan lainnya juga riskan.

Jam 8 kurang, hari Sabtu, tunggu sebentar, kantor admisinya buka, ambil antrian, di panggil.

Pas antri mungkin ada 4 pasang anak-ortu gitu yang salah satunya udah daftar.Yang layanin sih sepertinya mahasiswa.

Gw di panggil, gw jelasin. Dia bilang kalau gw tuh jatohnya jadi daftar offline, karena kalau online gw tuh daftar pake email dapet username-password sementara, isi data langsung disana dan setelah gw cek bisa upload dokumen juga ternyata. Dan juga katanya kalau online pasti bayarnya ke virtual account.

Sedihnya adalah gw (agak) bego, dan di website dan staff WA ga terlalu informatif ehehehe.

Sempet ditanya juga "kok baru mau kuliah" gw "wkt lulus belom tau mau ambil jurusan apa, nanti takut salah. jadi sambil kerja sambil mikir deh"

"Oh kerja apa" "Ticketing specialist" "Ooh" "Iya kan lulusan pariwisata" "Ooh tapi sekarang DKV ya"

zzz ya terus kenapa



Setelah kelar, dikasih kartu ujiannya, bsknya ujian kwkkwkw.



Bab 3 : Ujian

Paginya malah ujan, untung ga telat. Pas otw ke kelas, gw liat kelas lain dah mulai nulis aja, kagetttt eh tapi gw sampe di kelasnya 7.50 dan ternyata blm mulai, baru ada 4-5 orang gitu, satu meja berkapasitas 2 orang di isi 1 aja.

Kemudian duduk sesuai dengan nomor ujian. Tunggu sampe jam 8 baru mulai. Yang telat katanya ga di kasih waktu lebih. Katanya dikelas ini ada 10 orang dan ternyata sampe selesai cuma 8 orang kayaknya termasuk gw.

Ga lama kemudian dah dikasih kertas jawabannya, dan soal. Soalnya sih dijadiin satu gitu, gw kaget aja ada section IPA wkwkwk.


Paling susah sih mate, padahal dha belajar tuh, tp yg keluar gw ga ngerti gimana kerjainnya. kebanyakan sih kayak perbandingan gitu sama linear, gada bangun datar atau bangun ruang. Ada pengurangan dan penambahan sin cos tan, dan ada yg kayak efiensi kalimat, pdhl kmrn pas belajar gw skip pkirnya ga bakal keluar syedih.

Untuk bahasa Indonesia, ada  1 soal teori gitu, terus sajak, apalagi ya hmm

Bahasa Inggris, grammar, sinonim, based on text, fill in blank trs lupa. Ada tuh yang kayak ditanya alinea ke 2 lah di teks aja cuma 1 alinea. Terus fill in blank banyak yg di kosongin kan di teksnya tapi yg ditanya salah satunya lah bingung dongse jadi takut ga berhubungan kalimatnya.

Pas dibilang tinggal 24 menit, gw masih banyak yg kosong wkkwwk terus masih stuck di mate, kemudian di peringatin lagi tinggal 5 menit ya ampun cepet amat. Terus ga lama mau dikumpul. Yah sisanya asal deh wkwkwk syedihhhh serius.


Selang 10 menit langsung lanjut ujian gambar. Ada 6 kotak yg harus dilanjutin gambarnya kayak di test psikolog, kemudian 2 gambar lain yg harus dilanjutin juga. Terus 1 gambar SPBU di kertas A3. Waktunya ternyata 1 jam doang dong. Mana cukup harus mikir juga, kemaren bela2in beli pensil warna jadi tetep ga kepake tuh. syedih wkwkkw
Jangan tanya SPBU nya gede ga, cuma ke gambar kotak pengisian bensin doang tuh wkwkkw

Tadinya mau gambar bensin jalanan, tp takut ga tergolong SPBU. kwkwkw

Untuk pengumumannya 5-6 hari katanya, ya semoga aja hasilnya menggembirakan ya! wkwkkw


Terima kasih udah mau baca! semoga bermanfaat ehhehe













Comments

Popular posts from this blog

Big Decision : Behel

I think i have said this before?

Another Question